Text
STRATEGI PEMASARAN HOME INDUSTRI KATERING (EKA LESTARI) DALAM MENINGKATKAN PENGHASILAN MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH
ABSTRAK
M Septian Decky Z, 2019, “Strategi Pemasaran Home Industri Katering (Eka Lestari) dalam Meningkatkan Penghasilan Menurut Perspektif Ekonomi Syariah”, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, IAIN Madura, Pembimbing: Dr. H. Nashar, SE., MM. MSi
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Usaha Katering, Perspektif Ekonomi Syari’ah.
Home industry adalah suatu unit usaha dalam skala kecil yang bergerak dalam bidang industri tertentu. Biasanya usaha ini hanya menggunakan (1) satu atau (2) dua rumah sebagai pusat produksi, administrasi dan pemasaran secara bersamaan. Modal usaha, jumlah tenaga terbatas. Home industry katering eka lestari memberikan penyediaan jasa katering makanan maupun kue kering untuk berbagai macam kegiatan seperti acara syukuran, arisaan, ulang tahun, yasinan, pernikahan dan acara lainnya. Usaha Home industry katering eka lestari disini mampu mengangkat penghasilan perekonomian keluarga. Mendirikan usaha kecil maupun besar harus membuat perencanaan atau strategi, mulai dari menentukan harga sampai mendistribusikannya. Strategi sangat dibutuhkan karena mampu menghasilkan hasil yang positif dari apa yang telah direncanakan, walaupun hasil yang didapat tidak terlalu besar, serta didukung dengan kreatifitas oleh para pelaku bisnis yaitu mampu memanfaatkan SDA.
Rumusan masalahnya adalah (1) Strategi pemasaran home industri katering eka lestari dalam meningkatkan penghasilan. (2). Strategi pemasaran home industri katering eka lestari dalam meningkatkan penghasilan menurut perspektif ekonomi islam. (3). Problematika home industri katering eka lestari.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenisnya deskriptif, informanya adalah pendiri Home industry, pemilik, karyawan, karyawan, dan juga masyarakat sekitar atau pelanggan. Analisa data dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Strategi pemasaran home industri katering eka lestari dalam meningkatkan penghasilan adalah lebih mengutamakan kualitas bahan dan rasa daripada harga pada produknya, sehingga masyarakat tertarik untuk memesannya. (2) Strategi pemasaran home industri katering eka lestari dalam meningkatkan penghasilan menurut perspektif ekonomi islam adalah dengan menggunakan strategi pemasaran khususnya bauran pemasaran 4P (product, price, place dan promotion) sudah sesuai dengan etika bisnis Islam. Ketika kondisi saling ridho dan rahmat antara penjual dan pembeli maka disitu akan terjadi kepuasan pasar, karena terdapat asas saling menguntungkan melalui pemanfaatan produk, harga, distribusi dan promosi. (3) Problematika home industri katering eka lestari adalah memiliki kendala pada minimnya pemasaran pada awal berdiri dan naik-turun harga bahan-bahan katering.
Tidak tersedia versi lain