Text
PENGARUH ATRIBUT PRODUK, KUALITAS JASA DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH DI BMT NUANSA UMAT GAPURA SUMENEP JAWA TIMUR
ABSTRAK
Safira Ula Faridini, 2019, Pengaruh Atribut Produk, Kualitas Jasa Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah DiBMT Nuansa UmatGapura Sumenep Jawa Timur, Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Pembimbing: Lely Shofa Imama, M.S.I
Kata Kunci : Atribut Produk, Kualitas Jasa, Kepercayaan, Loyalitas Nasabah
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Atribut Produk, Kualitas Jasa Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah BMT Nuansa UmatGapura Sumenep Jawa Timur baik secara parsial maupun secara simultan. Variabel independen (Y) dalam penelitian ini adalah Loyalitas Nasabah.Variabel independen (X) meliputi: Atribut Produk (X1), Kualitas Jasa (X2), dan Kepercayaan (X3).
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan penelitian yang menjadi populasi yaitu semua nasabah di BMT Nuansa Umat Gapura SumenepJawa Timur yang telah melakukan pembiayaan.Besarnyapopulasidiketahuisebesar 41.136 orang danPenelitimenggunakanperkiraantingkatkesalahan 10%.
Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Incidental Sampling sehingga diperoleh sampel penelitian sebanyak 100 responden.Peneliti dalam pengumpulan datanya menggunakan skala likert dengan pengumpulan data berupa angket yang disebarkan kepada responden dan juga pengumpulan data melalui dokumentasi dengan cara datang langsung ke lokasi BMT Nuansa Umat Gapura Sumenep.Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Pengolahan data menggunakan program SPSSfor windows release 20.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel Atribut Produk, Kualitas Jasa dan Kepercayaan berpengaruh terhadap Loyalitas Nasabah. Variabel dominan berpengaruh yaitu Kualitas jasa dengan nilai t hitung sebesar sebesar 4,079 > t tabel (1,660) dengan nilai probabilitas sebesar 0,000 berarti lebih kecil dari 0,05.
Secara simultan variabel Atribut Produk (X1), Kualitas Jasa (X2), dan Kepercayaan (X3) berpengaruh terhadap Loyalitas Nasabah (Y). Dari koefisien determinasi R Square variabel Atribut Produk, Kualitas Jasa, dan Kepercayaan dapat menjelaskan variabel Loyalitas Nasabah BMT Nuansa Umat Gapura Sumenep Jawa Timur sebesar 25,5% dan sisanya 74,5% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak tercantum dalam penelitian.
Tidak tersedia versi lain