Text
PENGARUH RELIGIUSITAS DAN PEMAHAMAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN JASA BANK SYARIAH PADA MAHASISWA IAIN MADURA
ABSTRAK
AgusAnshari, 2019, PengaruhReligiusitas Dan PemahamanProdukTerhadapKeputusanMenggunakanJasa Bank SyariahPadaMahasiswa Iain Madura, skripsi, program studi PBS, FakultasEkonomi Dan Bisnis Islam, IAIN Madura, Pembimbing :H. Wadhan, SE, M.Si
Kata Kunci: Religiusitas, PemahamanProduk, Keputusan
Mahasiswaadalahsalahsatudarikomponenmasyarakatsebagai
pangsapasar yang layakjadipertimbangan bank untukmenambahjumlah
nasabah.Institut Agama Islam Negeri Madura adalahsalahsatuPerguruan
TinggiNegeri di Madura.Besarnyajumlahmahasiswa IAIN Madura sangatpatutuntukpertimbanganolehpihakperbankansyariahsebagaisalahsatusegmenpasar yang pontesialuntukmenghimpundanamasyarakat. Olehkarenaitu, bank perlumengetahuisecaraumumfaktor yang paling dominansekaligusmenjadialasanmahasiswamembuatkeputusanmenjadinasabahdibanksyariah.
Berdasarkanhalituadaduapermasalahan yang menjadikajianpokokdalampenelitianini, yaitu: pertamaapakahFaktorReligiusitasdanPemahamanProdukBerpengaruhSecaraSimultanTerhadapKeputusanMenggunakanJasa Bank SyariahpadaMahasiswa IAIN Mdura, keduaapakahFaktorReligiusitasdanPemahamanProdukBerpengaruhSecaraPersialTerhadapKeputusanMenggunakanJasa Bank SyariahpadaMahasiswa IAIN Madura.
PenelitianinimenggunakanmetodeKuantitatif.Denganmenentukansampelmenggunakanrumusslovin.Sumber data yang diperolehmelaluipenyebarananket/kuesionerkepadamahasiswapbs 2016 IAIN Madura. SedangkanpembuktianhipotesismenggunakanujiRegresi linear berganda, Uji T ( Persil ) danuji F (Simultan).
Dari hasiluji F diperolehnilaiFhitungsebesar12,185dengantingkatsignifikan 0,000 < 0,05, sehinggakeputusannyaadalahvariabel X (ReligiusitasdanPemahamanProduk) berpengaruhsecarasimultanterhadapkeputusanMhasiswa IAIN Madura.
Selanjutnyaberdasarkanhasilanalisisuji t (secaraparsial) diketahuivariabelReligiusitas (X¬1) diperolehthitungsebesar 1,620 dengantaraf sig. 0,108.Hasilujitersebutmenunjukkanbahwanilaisignifikan 0,108 > 0,05 Dengandemikian, dapatdisimpulkanbahwavariabelReligiusitassecaraparsialtidakberpengaruhterhadapKeputusanMahasiswaMenggunakanjasa Bank syariah. berdasarkanhasilanalisisuji t (secaraparsial) diketahuivariabelpemahamanproduk (X¬1) diperolehthitungsebesar 3,948 dengantaraf sig. 0,000. Hasilujitersebutmenunjukkanbahwanilaisignifikan 0,000 < 0,05 Dengandemikian, dapatdisimpulkanbahwavariabelpemahamanproduksecaraparsialberpengaruhterhadapKeputusanMahasiswaMenggunakanjasa Bank syariah.
Tidak tersedia versi lain