Text
IMPLEMENTASI PELAYANAN PRIMA (SERVICE EXCELLENCE) DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS NASABAH DI PT. BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH (BPRS) SARANA PRIMA MANDIRI PAMEKASAN
ABSTRAK
Nailul Farhah, 2019 “Implementasi Pelayanan Prima (Service Excellence) dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah di PT. BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan” Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Pembimbing: Syukron Affani, M.SI
Kata Kunci: Pelayanan Prima (Service Excellence), Loyalitas Nasabah
Dewasa inidalam perkembangan dunia jasa dikenal istilah pelayanan prima (service excellence). Pelayanan prima adalah kepedulian kepada nasabah dengan memberikan layanan terbaik untuk memfasilitasi kemudahan pemenuhan kebutuhan dari mewujudkan kepuasannya, agar mereka selalu loyal kepada pihak perbankan.Keberhasilan perbankan dalam melakukan kegiatan usahanya tidak lepas dari pelayanan prima yang diberikan oleh perbankan. Perbankan harus mampu memberikan pelayanan prima karena pelayanan prima termasuk salah satu faktor utama dalam memberikan kepuasan kepada nasabah. Pelayanan yang buruk dan tidak sesuai standar yang diinginkan nasabah dapat menyebabkan nasabahtidak puas. Permasalahan pelayanan prima merupakan hal yang mutlak untuk diperhatikan. Bank harus terus memperbaiki kualitas pelayanannya untuk dapat bersaing dalam persaingan antar bank. Setiap bank memiliki banyak cara dalam memperbaiki kualitas pelayanannya karena setiap bank biasanya memiliki konsep yang berbeda-beda dalam mengembangkan konsep pelayanan.Seorang karyawan harus mampu menerapkan suatu konsep pelayanan yangditetapkanoleh bank. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pelayanan prima yang seharusnya diimplementasikan di BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan ketika menjalankan tugasnya.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu:pertama apa yang disebut pelayanan prima (Service Excellence) keduabagaimana pelayanan prima (Service Excellence) diimplementasikan dalam meningkatkan loyalitas nasabah di PT. BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan, ketigaapa dampak pelayanan prima (Service Excellence)dalam meningkatkan loyalitas nasabah di PT. BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Data yang diperoleh yaitu dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan peneliti, dan triangulasi.
Hasil penelian menunjukkan bahwa standar konseppelayanan di BPRS Sarana Prima Mandiri pamekasan sudah baik seperti halnya konsep ability (kemampuan), konsep attitude (sikap), konsep attention (perhatian), konsep action (tindakan), namun dalam implementasinya oleh karyawan masih kurang dilaksanakan dengan baik, sebuah pelayanan yang baik akan menjadi tidak baik jika yang melaksanakannya adalah orang yang tidak memiliki perilaku yang baik. Oleh karena itu, implementasi pelayanan prima harus lebih ditingkatkan lagi supaya dapat menjadikan BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan yang akan sangat diminati oleh masyarakat sekitarsehingga nasabah akan loyal dantidak akan berpindah ke bank yang lainnya.
Tidak tersedia versi lain