Text
ETIKA BISNIS ISLAM MENURUT AL-GHAZALI DALAM KITAB IHYA’ ULUMUDDIN
ABSTRAK
Siti Zulaikha, 2019, “Etika Bisnis Islam Menurut Al-Ghazali Dalam Kitab Ihya’ Ulumuddin”, Skripsi, Program Studi Ekonomi Syariah, fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing: Sakinah, M.E.I.
Kata Kunci :Etika, Bisnis Islam, al-Ghazali, Ihya’ Ulumuddin.
Masalah etika dalam berbisnis sangat diperlukan oleh para pelaku bisnis ditengah kondisi perdagangan bebas seperti saat ini. Isu etika bisnis nampaknya selalu berkembang dan seharusnya diimbangi dengan norma-norma yang sesuai dengan ajaran Islam. Tugas para paka rekonomi untuk mencari sistem ekonomi alternative yang bisa mengatasi masalah-masalah tersebut. Satu-satunya adalah dengan cara melihat kembali etika bisnis Islam yang dipandang sebelah mata oleh kebanyakan orang. Salah satutokoh yang pemikirannya bias dijadikan rujukan dalam etika bisnis Islam adalah al-Ghazali. Al-Ghazali dalam kitabnya menyebutkan bahwa setiap orang yang melakukan bisnis harus adil, baik, dan takwa. Dalam konteks di atas, masalah yang dikaji merumuskan sebagai berikut; pertama, bagaimana etika bisnis Islam menurut al-Ghazali dalam kitab Ihya’ Ulumuddin? Kedua, apa saja etika bisnis Islam yang baik menurut al-Ghazali dalam kitab Ihya’ Ulumuddin?.
Metode penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan (library research) dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Pendekatan yang digunakan menggunakan sosiohistoris. Sumber data primernya adalah kitab Ihya’ Ulumuddin dan buku-buku yang berkaitan dengan penelitian ini serta data skunder yang peneliti ambil dari karya-karya tokoh lain yang masih ada kaitannya dengan penelitian ini. Prosedur pengumpulan datanya menggunakan kepustakaan, dan metode dokumentasi, sedangkan analisis data, peneliti menggunakan analisis isi.
Pengkajian dan pembahasan, baik secara teoritis maupun empiris mengenai pemahaman etika bisnis Islam menurut al-Ghazali dalam kitab Ihya’ Ulumuddin penulis memberikan kesimpulan bahwa : al-Ghazali adalah salah satu tokoh besar Islam yang memiliki peran penting dalam perkembangan dunia Islam. Ihya’ Ulumuddin adalah salah satu kitab al-Ghazali yang sangat monumental dan hingga saat ini masih menjadi acuan kajian teori hukum Islam, yang mana salah satu yang di bahasnya adalah mengenai etika dalam berbisnis. Etika bisnis Islam menurut al-Ghazali dalam kitab Ihya’ Ulumuddin adalah akhlak yang baik yang harus diikut sertakan dalam aktivitas bisnis, seperti mencari rizki dengan cara yang halal, adil, dapat berbuat baik dalam berbisnis, dan juga memiliki sifat takwa. Karena kegiatan bisnis bukan hanya sekedar mencari keuntungan melainkan mencari keberkahan, dengan cara memantapkan diri dalam berusaha dengan memperoleh keuntungan yang wajar dan memperoleh ridho Allah. Dalam bisnis harus diikut sertakan etika dalam berbisnis agar bisnis yang di jalaninya sesuai dengan tuntutan Islam serta tidak dapat merugikan pihak lain. Etika bisnis yang baik menurut al-Ghazali dalam kitab Ihya’ Ulumuddin adalah setiap manusia yang melakukan bisnisnya didasarkan pada kejujuran, dapat berbuat adil kepada sesama manusia, melakukan persaingan yang sehat, dan takwa selalu mengingat Allah (dzikir) dalam melakukan setiap aktivitas bisnisnya.
Tidak tersedia versi lain