Text
Pengaruh Motif Sosial Terhadap Minat Masyarakat Menggadaikan Emas di Pegadaian Syariah Kantor Cabang Pegantenan Pamekasan
ABSTRAK
Ayu Dita Novitasari, 2019, Pengaruh Motif Sosial Terhadap Minat Masyarakat Menggadaikan Emas di Pegadaian Syariah Kantor Cabang Pegantenan Pamekasan, Jurusan Perbankan Syari’ah, Institut Agama Islam Negeri Madura, dosen pembimbing H. Wadhan, Msi.
Kata Kunci : Motif Sosial, Minat Masyarakat, Gadai
Lembaga non perbankan saat ini mulai menjadi solusi bukan lagi sekedar alternatif dalam masalah keuangan di masyarakat, Pengembangan lembaga keuangan non perbankan salah satunya ialah Pegadaian Syariah. Salah satu barang jaminan yang bisa dijadikan barang untuk menerima pembiayaan yakni emas. Emas sendiri merupakan logam mulia yang sangat diminati oleh banyak orang, harga emas yang sering berfluktuasi menjadikan masyarakat memiliki motoif-motif sosial tertentu untuk mendapatkan keuntungan yang lebih bagi mereka. Produk gadai emas merupakan salah satu produk yang banyak diminati masyarakat untuk bertransaksi gadai di Pegadaian Syariah Kantor Cabang Pegantenan Pamekasan, hal ini dibuktikan dengan jumlah proporsi masyarakat yang menggadaikan emas disana sebesar 40%. Samakin meningkatnya transaksi gadai di Pegadaian Syariah maka meningkat pula produktivitas dari produk gadai tersebut. Namun sebagaimana yang telah kita ketahui sebelumnya bahwasanya emas merupakan barang yang memiliki harga yang fluktuatif.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh motif sosial terhadap minat masyarakat menggadaikan emas di Pegadaian Syariah? Seberapa besar pengaruh motif sosial terhadap minat masyarakat menggadaikan emas di Pegadaian Syariah? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motif sosial terhadap minat masyarakat menggadaikan emas di Pegadaian Syariah dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh motif sosial terhdap minat masyarakat menggadaikan emas di Pegadaian Syariah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi,wawancara,kuisioner, dan dokumentasi. Untuk proses analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dengan motif sosial sebagai variabel independen dan minat menggadaikan emas sebagai variabel dependen.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis, secara simultan variabel independen memiliki pengaruh yang positif terhadap variabel dependen. keeratan pengaruh dari variabel independen ditunjukkan oleh uji koefisien determinasi pada kolom R square sebesar 0,055 atau 5,5%. Minat menggadaikan emas dipengaruhi oleh motif sosial dengan standar deviasi estimate 2, 23671 serta sisanya 94,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini. Sebagaimana telah diuraikan sebelumnya, hasil perhitungan uji T, variabel motif sosial menunjukkan Thitung variabel motif sosial sebesar 0,675 < Ttabel 1,984 dan probabilitas (sig) ternyata nilai thitung 0,675 dan nilai signifikansi sebesar 0,05, yang artinya bahwa motif sosial tidak berpengaruh signifikan terhadap minat masyarakat menggadaikan emas di Pegadaian Syariah Kantor Cabang Pegantenan Pamekasan.
Tidak tersedia versi lain