Text
PENGARUH MARKETING MIX DAN SHARI’AH COMPLIANCE TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENABUNG DI PT BPRS SARANA PRIMA MANDIRI PAMEKASAN
ABSTRAK
Alief Rozalina, 2019, Pengaruh Marketing Mix dan Shari’ah Compliance terhadap Keputusan Nasabah Menabung di PT. BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan,
Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Madura, Pembimbing: H. Wadhan, M.Si.
Kata Kunci:Marketing mix,Shari’ah Compliance, Keputusan Nasabah.
Pemasaran menarik perhatian yang sangat besar baik dari perusahaa maupun lembaga. Marketing Mix merupakan strategi kombinasi yang dilakukan oleh berbagai perusahaan dalam bidang pemasaran. Hampir semua perusahaan melakukan strategi ini guna mencapai tujuan pemasarannya, apalagi dalam kondisi persaingan yang demikian ketat saat ini. Yang tak kalah penting juga penerapan prinsip- prinsip kepatuhan syariah (Shari’ah Compliance) dalam seluruh aktifitas pengelolaan dana nasabah sebagai mana yang digariskan oleh dewan pengawas syariah. Shari’ah Compliance merupakan salah satu pilar penting dalam pengembangan bank syariah. Pilar ini yang menjadi pembeda utama antara bank syariah dan bank konvensional. Dan dapat meningkatkan keputusan nasabah menabungserta mencapai tujuan perusahaan yang telah ditentukan.
Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara parsial maupun simultan akan pengaruh marketing mix dan shari’ah compliance terhadap keputusan nasabah menabung di PT. BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sumber data diperoleh dari kuesioner (angket), dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu menggunakan Accidental Sampling dengan sampel sebanyak 93 nasabah PT. BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan. Metode analisis data menggunakan Uji Kualiditas Data, Uji Asumsi Klasik, serta Pengujian Hipotesis yang terdiri dari Metode Regresi Linear Berganda, Uji t, dan Uji F.
Hasil pengelolaan data penelitian menunjukkan bahwa regresi linier berganda Y = 7,638 + 0,106 X1 + 0,187 X2 + 2,478. (a) Hasil Uji t (Tabel Coefficient) diperoleh nilai variabel Marketing Mix (X1) secara parsial tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap keputusan nasabah menabung di PT. BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan, dimana Thitung 1,543 < Ttabel 1,990 dan tingkat signifikan 0,126 > 0,05 (Ha1 ditolak). (b) Variabel Shari’ah Compliance (X2) secara parsial berpengaruh positif dan sigfikan terhadap keputusan nasabah menabung di PT BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan, dimana Thitung 2,304 > dari Ttabel 1,990 dan tingkat signifkan 0,024 < 0,05, sehingga keputusannya adalah Ha diterima. (c)
Tidak tersedia versi lain