Text
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN CUSTOMER SERVICE TERHADAP KEPUASAN NASABAH PT BPRS SARANA PRIMA MANDIRI PAMEKASAN
ABSTRAK
Diana Agustini, 2019, Pengaruh Kualitas Pelayanan Customer Service Terhadap Kepuasan Nasabah PT Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Sarana Prima Mandiri (SPM) Pamekasan, Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Pembimbing H. Mohammad Bashri Asyari, MA.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan Customer Service, Kepuasan Nasabah
Kualitas pelayanan memainkan peranan penting dalam pemasaran semua produk, terutama kualitas pelayanan customer service. Dimana tingkat kepuasan nasabah ditentukan oleh seberapa besar pelayanan customer service terhadap nasabah. Semakin baik kualitas pelayanan yang diberikan maka semakin besar juga tingkat kepuasan nasabah.
Tujuan dari penelitian ini adalah pertama: peneliti ingin mengetahui bagaimana pengaruh kualitas pelayanan customer service terhadap kepuasan nasabah PT BPRS Sarana Prima Mandiri (SPM) Pamekasan; kedua, Seberapa besar pengaruh kontribusi kualitas pelayanan customer service terhadap kepuasan nasabah PT BPRS Sarana Prima Mandiri (SPM) Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi linier sederhana. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui kuesioner. Respondennya adalah nasabah BPRS Sarana Prima Mandiri (SPM) Pamekasan.
Hasil penelitian koefisien regresi linier sederhana menunjukkan bahwa kualitas pelayanan customer service berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah BPRS Sarana Prima Mandiri (SPM) Pamekasan. Berdasarkan hasil uji t menunjukkan bahwa nilai t hitung (11,224) ˃ t tabel (1.984) dengan taraf signifikan sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Dari hasil nilai koefisien determinasi (R2), dimana dalam tabel penelitian ini dilihat pada bagian R Square yaitu 0,562 atau 56,2%. Hal ini berarti bahwa kontribusi variabel independen (kuaitas pelayanan customer service) terhadap variabel dependen (kepuasan nasabah) BPRS Sarana Prima Mandiri (SPM) Pamekasan cukup besar, sedangkan sisanya 43,8% kemungkinan dipengaruhi oleh kontribusi variabel-variabel lain yang tidak disebutkan dalam penelitian ini.
Dari beberapa poin pembahasan diatas, dapat diketahui bahwa kuatas pelayanan customer service besar pengaruhnya terhadap kepuasan nasabah PT BPRS Sarana Prima Mandiri (SPM) Pamekasan.
Tidak tersedia versi lain