Text
PROMOTION MIX PADA PRODUK SIMPANAN PENDIDIKAN (SIDIK) FATHONAH BMT NU CABANG GANDING SUMENEP
ABSTRAK
Shubahol Iqbal,2019,Promotion Mix Pada Produk Simpanan Pendidikan (SIDIK) Fathonah BMT NU Cabang Ganding Sumenep, Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Madura, Pembimbing: Dr. Rudy Haryanto, SST. MM.
Kata Kunci:Promotion Mix, Simpanan Pendidikan (SIDIK) Fathonah
Promosi merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan suatu program pemasaran. Betapapun bagusnya suatu produk, bila konsumen belum pernah mendengarnya dan tidak yakin bahwa produk itu akan berguna bagi mereka, maka mereka tidak akan membelinya.BMT NU merupakan salah satu BMT terbesar di jawa timur yang mengedepankan pelayanan yang berkualitas baik. Berdasarkan observasi awal, para karyawan di BMT NU Cabang Ganding aktif sekali melakukan konsep personal selling dengan cara mendatangi sendiri ke tempat nasabah maupun calon nasabah, baik ke rumah, sekolah, bahkan ke pasar-pasar tetap mereka masuki.
Fokus dalam penelitian ini adalah: Pertama, untuk mengetahui implementasi promotion mix pada produk simpanan pendidikan (SIDIK) fathonah di BMT NU Cabang Ganding. Kedua, untuk mengetahui analisis SWOT dari implementasi promotion mix pada produk simpanan pendidikan (SIDIK) fathonah di BMT NU Cabang Ganding.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Data yang diperoleh yaitu dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan adalah karyawan BMT NU Cabang Ganding.Sedangkan teknik pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan keikut sertaan, ketekunan peneliti, dan trianggulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama; Variabel promotion mix sudah diterapkan di BMT NU Cabang Ganding, advertising (periklanan) berupa pemasangan spanduk dan penyebaran brosur, sales promotion dengan cara mendatangi langsung serta melakukan demonstrasi produk simpanan pendidian (SIDIK) Fathonah kepada para siswa, publicity dengan cara mengadakan pengajian saat RAT dan pemberitaan kegiatan dan produk di media online NU, dan personal selling dengan cara mendatangi dan berbicara langsung dengan kepala sekolah dan orang tua siswa terdekat. Kedua; kekuatan, yaitu dengan strategi jaringan silaturrahim dan pendekatan personal, kelemahan, minimnya tenaga kerja, pemberitaan dan periklanan terlalu universal, peluang, letak kantor yang strategis, dan ancaman, teknologi yang dimiliki kurang memadai dan munculnya pesaing yang semakin banyak dengan inovasi promosi yang semakin bagus dan bisa menyesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan sekitar.
Tidak tersedia versi lain