Text
PENGARUH SPIRITUAL MARKETING DAN SERVICE EXCELLENT TERHADAP MINAT MENABUNG NASABAH DI BMT NU CABANG GALIS
ABSTRAK
Faizatul Uhrowiyah, 2019, Pengaruh Spirtual Marketing Dan Service Excellent Terhadap Minat Menabung Nasabah Di BMT NU Cabang Galis, Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Pembimbing: Dr. Rudy Haryanto., MM.,
Kata Kunci: Spiritual Marketing, Service Excellent Dan Minat Menabung Nasabah
KSPPS BMT NU Cabang Galis merupakan lembaga keuangan mikro yang beroperasi berdasarkan prinsip-prinsip syariah. Seiring dengan pertumbuhan lembaga BMT atau koperasi syari’ah yang semakin pesat membuat para pelakunya berlomba lomba untuk mempertahankan nasabah yang ada dan berusaha meningkatkan nasabah sebanyak-banyaknya.Maka dari itu dalam menjalankan usahanya, koperasi syariah dituntut untuk memberikan kinerjanya secara baik dalam segala aspek. Termasuk dalam aspek pemasaran dan aspek pelayanan yang sesuai syariah. Salah satunya yaitu spiritual marketing dan service excellent.
Berdasarkan hal tersebut maka yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah pertamaApakah spiritual marketing dan service excellent berpengaruh secara parsial terhadap minat menabung nasabah di BMT NU Cabang Galis Pamekasan. Kedua Apakah Spiritual marketing dan service excelent berpengaruh secara simultan terhadap minat menabung nasabah di BMT NU Cabang Galis Pamekasan
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan teknik analisa regresi linear berganda. Jenis data yang digunkan adalah data primer yang diperoleh melalui kuesioner. Respondennya adalah nasabah BMT NU Cabang Galis dengan menggunakan metode simple random sampling serta penentuan jumlah Sampel ditentukan dengan rumus slovin.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, terdapat pengaruh spiritual marketing dan service excellent terhadap minat menabung nasabah di BMT NU Cabang Galis. Hal tersebut dinyatakan berdasarkan hasil perhitungan secara simultan (uji F) menunujukan hasil yang sig. (0.001 Ftabel sebesar 3,100, sedangkan variabel yang paling dominan adalah service excellent berdasarkan hasil Uji t menghasilkan nilai koefisien korelasi thitung spiritual marketing 2,275 dan service excellent 2,603 dengan ttabel sebesar 1,985 yang berarti secara parsial dinyatakan signifikan. Dan nilai koefisien determinasi dalam variabel independen menjelaskan variabel dependen hanya 11,7% sedangkan sisanya (100% - 11,7% = 88,3%) dijelaskan oleh varibel lain yang dalam hal ini tidak menjadi bahan penelitian penulis.
Tidak tersedia versi lain