Text
STRATEGI PEMASARAN PRODUK GADAI EMAS UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH DI BANK BPRS BHAKTI SUMEKAR CABANG BANDARAN
ABSTRAK
Siti Maftuhatul Jannah, 2019, Strategi Pemasaran Produk Gadai Emas Untuk Meningkatkan Jumlah Nasabah di Bank BPRS Bhakti Sumekar Cabang Bandaran, Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Madura, Pembimbing Sakinah, MEI.
Kata Kunci:Strategi Pemasaran, ProdukGadaiEmas
Bank BPRS Bhakti Sumekar Cabang Bandaran sebagai lembaga keuangan yang menghasilkan jasa keuangan juga membutuhkan strategi pemasaran untuk memasarkan produknya. Pentingnya pemasaran dilakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan dan keinginan akan produk jasa. Dalam melakukan pemasaran lembaga keuangan memiliki beberapa tujuan yaitu memperkenalkan dan mempertahankan produk dalam rangka menghadapi persaingan antar lembaga keuangan lainnya.
Berdasarkan hal tersebut maka yang menjadi fokus penelitian dalam penelitian ini adalah pertamaBagaimana Strategi Pemasaran Produk Gadai Emas yang diterapkan oleh Bank BPRS Bhakti Sumekar Cabang Bandaran Untuk Meningkatkan Jumlah Nasabah.KeduaFaktor-Faktor DariStrategi Pemasaran Apa Yang Mempengaruhi Bertambahnya Jumlah Peminat Nasabah Gadai Emas Di Bank BPRS Bhakti Sumekar Cabang Bandaran
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan analisis deskriptif. Data yang diperoleh melalui dua sumber, yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan wawancara langsung dengan pihak-pihak yang bersangkutan, sedangkan data sekunder diperoleh dari sumber lain yang berkaitan dengan penelitian, dana ini diperoleh dari buku maupun sumber lainnya.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi yang dilakukan Bank BPRS Bhakti sumekar Cabang Bandaranpadaprodukgadaiemasdalmmenerapkanstrategipemasarannyadenganmenggunakan STP (Segmentasi, Targeting, Positioning). Segmentasipasarnyaadalahterfokuspadamasyarakatbandaran, Targeting yaitu target pasarpadaprodukgadaiemasadalahsemuakalanganmasyarakatbandaran, danPositioningnyaadalahmenentukanposisipasaryaitutempatnya.Faktor-faktordari strategi pemasaran apayang mempengaruhijumlahpeminatnasabahpadaprodukgadaiemas di Bank BPRS Bhakti sumekar Cabang BandaranmeliputiHarga.Harga yang diberikan oleh Bank BPRS Bhakti sumekar Cabang Bandaran relatif murah.Ada juga lokasi.Penentuanlokasi Bank BPRS Bhakti sumekar Cabang Bandarandilakukandenganberbagaipertimbangandenganalasandekatdengankeramaiansepertipasar, danmudahdijangkauolehmasyarakat.Dan yang terakhirproduk.Bank BPRS Bhakti sumekar Cabang Bandaranmenawarkanbeberapaprodukgadaiemas yang menjadikeinginandankebutuhannasabah.
Tidak tersedia versi lain