Text
STRATEGI PEMASARAN TERNAK BEBEK DALAM UPAYA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DESA KALOMPANG BARAT KECAMATAN PAKONG KABUPATEN PAMEKASAN
ABSTRAK
Moh Sahid, 2019, Setrategi Pemasaran Ternak Bebek Dalam Upaya Mensejahterakan Masyarakat di Desa Kelompang Barat Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan, Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Madura, Pembimbing : Sakinah, M.E.I
Kata Kunci : Strategi,Kesejahteraan
Penelitian bertujuan untuk mengetahui Strategi pemasaran ternak bebek, kendala-kendala dan yang menjadi acuan untuk menjalankan dalam pengembangan usaha ternak bebek di Desa Kelompang Barat, terkait hal itu peneliti tertarik dikarenakan dalam pemasaran ternak bebek tersebut ingin membuktikan bahwasannya dalam memelihara ternak bebek itu tidak sulit baik dari segi perawatan dan dari segi pakan,dan yang memiliki ternak bebek tersebut itu sangatlah muda sudah bisa mengembangkan usaha ternak bebek tersebut. Di antaranya pertumbuhan atau pengembangan dapat dilakukan dengan meningkatkan sumberdaya manusia, pemanfaatan sumber daya alam atau pakan guna meminimalkan biaya produksi.
Penelitian ini terdapat dua hal yang menjadi permasalahan, yaitu: pertama, bagaimana pemasaran ternak bebek di Desa Kelompang Barat Pakong Pamekasan; kedua, bagaimana peningkatan kesejahteraan dengan adanya ternak bebek di Desa Kelompang Barat Pakong Pamekasan. Penelitian ini mempunyai dua tujuan utama, yaitu: pertama, untuk mengetahui setrategi yang di pakai dalam memasarkan ternak bebek di Desa Kelompang Barat, kedua, untuk mengetahui kesejahteraan dengan adanya ternak bebek di Desa Kelompang Barat dengan adanya ternak bebek.
Penulis menggunakan tiga metode pengumpulan data untuk menjawab permasalahan tersebut, yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data-data yang terkumpul berupa data primer yang didapat penulis dengan mendatangi langsung objek penelitian untuk memperoleh data dan informasi secara langsung dan data sekunder yang diperoleh dari buku, jurnal, artikel, dan media lainnya, kemudian mengkaji dan menganalisis untuk mengetahui dan dapat mengambil kesimpulannya agar supaya lebih mudah di pahami oleh si pembaca.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ternyata ternak bebek di Desa Kelompang Barat sudah sesuai dengan saluran strategi pemasaran dalam mengembangkan usaha yang sudah dijalankan dengan modal yang di miliki mampu mengembangkan dari sektor pengelolaan dan produksi, sehigga mendapatkan ke untungan dari usaha yang dijalankan dengan tetap memperhatikan lingkungan dan masyarakat sekitar.Selain itu, Kesejahteraan masyarakat dapat di ketahui dari beberapa aspek, di antaranya dari segi terciptanya lapangan kerja, meningkatnya pendapatan, jaminan kesehatan, terbantunya masyarakat yang kuarang mampu dalam menyekolahkan anak – anaknya.
Tidak tersedia versi lain