Text
STRATEGI MARKETING DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN PADA USAHA RENTAL “INTAN SOUND SYSTEM” DALAM PERSPEKTIF PEMASARAN SYARI’AH DI KECAMATAN PAKONG KABUPATEN PAMEKASAN
ABSTRAK
Rahmat Hidayat, 2019, “Strategi Marketing dalam Meningkatkan Pendapatan pada Usaha Rental Intan Sound System dalam Perspektif Pemasaran syari’ah di Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan”, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Madura, Pembimbing: Dr. H. Nashar, SE., MM. M.Si
Kata Kunci : Usaha Rental, Sistem Pemasaran, Pemasaran Syari’ah.
Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh masalah penerapan strategi pemasaran dalam usaha Rental Intan Sound System. Salah satunya adalah penerapan strategi pemasaran Rental Intan Sound System. Yaitu dengan memberikan sebuah kaos gratis yang bernamakan logo Intan Sound System bagi setiap konsumen yang memakai jasanya, dan bekerjasama dengan Albanjari Alhidayah Bicorong, dan penyebaran lewat sosial media. Maka dari itu peneliti akan meneliti terkait dengan strategi pemasaran yang diterapkan oleh Rental Intan Sound System. Rumusan masalahnya adalah 1). Bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan Rental Intan Sound System dalam meningkatkan pendapatan usaha?. 2). Bagaimana strategi pemasaran Rental Intan Sound System dalam meningkatkan pendapatan usaha ditinjau dari perspektif pemasaran syari’ah?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: 1). Untuk mengetahui sistem pemasaran Rental Intan Sound System dalam meningkatkan pendapatan usaha. 2). Untuk mengetahui sistem pemasaran Rental Intan Sound System yang ditinjau dari perspektif pemasaran syari’ah. Jenis penelitian yang digunakan penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Berdasarkan pembahasannya termasuk penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitiannya adalah Pertama sistem pemasaran Rental Intan Sound System adalah: 1). Memberikan kaos bagi konsumen yang memakai jasanya. 2). Melakukan kerjasama dengan gambus Albanjari Al-hidayah yang akan mengadakan sebuah even-even pergelaran musik. 3). Iklan dan menyebar luaskan ke media sosial dan media online. Dalam penerapan strategi pemasaran Rental Intan Sound System memberikan fasilitas alat-alat yang bagus serta dilengkapi mobil sendiri. Dengan menggunakan strategi diatas masyarakat mulai semakin banyak mengenal Intan Sound System. Kedua sistem pemasaran Rental Intan Sound System yang ditinjau dari perspektif pemasaran Syariah adalah: 1). Menggunakan prinsip ikhtiar. 2). Menggunakan prinsip manfaat. 3). Menggunakan prinsip amanah. 4). Menggunakan prinsip nasihat.
Tidak tersedia versi lain