Text
STRATEGI PELAYANAN DALAM UPAYA PENINGKATAN LOYALITAS NASABAH PRODUK TABUNGAN BAITULLAH iB HASANAH DI BNI SYARIAH KCP SUMENEP
ABSTRAK
Halimatus Solehah, 2019, Strategi Pelayanan dalam Upaya Peningkatan Loyalitas Nasabah Produk Tabungan Baitullah iB Hasanah di BNI Syariah KCP Sumenep, Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Madura, Pembimbing: Lely Shofa Imama, M.S.I.
Kata Kunci: Strategi Pelayanan, Loyalitas Nasabah dan Produk Tabungan Baitullah iB Hasanah.
BNI Syariah KCP Sumenep merupakan salah satu lembaga keuangan pada awalnya hadir dilatarbelakangi oleh pesatnya pertumbuhan bisnis perbankan, pesatnya pertumbuhan tersebut menuntut perusahaan untuk bersaing agar dapat memuaskan para nasabahnya dengan meningkatkan kualitas pelayanan. Peningkatan kualitas pelayanan ini bertujuan agar nasabah menjadi loyal kepada lembaga keuangan dan mempertahankan loyalitas nasabah, agar lembaga keuangan dapat bertahan dalam persaingan yang ada. Pelayanan yang baik sangat penting dalam sebuah lembaga keuangan, strategi pelayanan juga dapat mengembangkan keunggulan dan meningkatkan kualitas lembaga keuangan tersebut. dengan adanya pelayanan yang baik dapat meningkatkan kepercayaan, dan kepuasan nasabah terhadap lembaga keuangan.
Berdasarkan hal tersebut, yang menjadi tujuan dalam penelitian ini, yaitu: pertama, strategi pelayanan dalam upaya peningkatan loyalitas nasabah produk tabungan Baitullah iB Hasanah di BNI Syariah KCP Sumenep; kedua, loyalitas nasabah produk tabungan Baitullah iB Hasanah di BNI Syariah KCP Sumenep.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalahpimpinan dan bagian pelayanan serta nasabah khususnya nasabah tabungan Baitullah iB Hasanah BNI Syariah KCP Sumenep. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui ketekunan pengamatan dan triagulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, startegi pelayanan BNI Syariah KCP Sumenep dalam upaya peningkatan loyalitas nasabah produk tabungan Baitullah iB Hasanah yaitu dengan cara menerapkan budaya pelayanan prima, antara lain: Abillity (kemampuan), Attitude (sikap), Appearance (penampilan), Attention (perhatian), Action (tindakan), dan Accountability (tanggung jawab). Kedua, loyalitas nasabah tabungan Baitullah iB Hasanah BNI Syariah KCP Sumenep dapat diketahui melalui wujud loyalitas nasabah melalui tahap suspect, prospect, first time buyer, repeat customer dan advovate, dan keinginan nasabah untuk terus menggunakan produk/jasa dari BNI Syariah KCP Sumenep, membuat tabungan lain selaintabungan Baitullah iB Hasanah, merekomendasikan produk yang disediakan oleh BNI Syariah KCP Sumenep kepada keluarga ataupun masyarakat dan mengajak untuk ikut menabung, dan menceritakan kelebihan dari produk yang dimiliki oleh BNI Syrariah KCP Sumenep serta tidak mudah terpengaruh dari daya tarik produk sejenis dari bank lain.
Tidak tersedia versi lain