Text
PELAKSANAAN EVALUASI KINERJA GURU DI MADRASAH ALIYAH AL-FALAH SUMBER GAYAM KADUR PAMEKASAN
ABSTRAK Mahmudi, 2019. Pelaksanaan Evaluasi Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Al-Falah Sumber Gayam Kadur Pamekasan. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Istitut Agama Islam Madura. Pembimbing: Drs. Saiful Arif, M. Pd.
Kata Kunci: Evaluasi, Kinerja Guru.
Ada tiga fokus yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana pelaksanaan evaluasi kinerja guru di Madrasah Aliyah Al-Falah Sumber Gayam Kadur Pamekasan? 2) Bagaimana hasil pelaksanaan evaluasi kinerja guru di Madrasah Aliyah Al-Falah Sumber Gayam Kadur Pamekasan? 3) Bagaimana hambatan pelaksanaan evaluasi kinerja guru di Madrasah Aliyahh Al-Falah Sumber Gayam Kadur Pamekasan?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan tentang pelaksanaan evaluasi kinerja guru di Madrasah Aliyah Al-Falah Sumber Gayam Kadur Pamekasan 2) Untuk mendeskripsikan tentang hasil pelaksanaan evaluasi kinerja guru di Madrasah Aliyah Al-Falah Sumber Gayam Kadur Pamekasan. 3) Untuk mendeskripsikan tentang hambatan pelaksanaan evaluasi kinerja guru di Madrasah Aliyah Al-Falah Sumber Gayam Kadur Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Karena peneliti ingin mendeskripsikan pelaksanaan evaluasi kinerja guru di Madrasah Aliyah Al-Falah Sumber Gayam Kadur Pamekasan. Peneliti menggunakan tiga cara untuk mendapatkan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Informan didalam penelitian ini yaitu kepala madrasah, Waka Kurikulum dan guru di Madrasah Aliyah Al-Falah Sumber Gayam Kadur Pamekasan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: 1) Pelaksanaan evaluasi kinerja guru di Madrasah Aliyah Al-Falah Sumber Gayam Kadur Pamekasan dilaksanakan kepala madrasah melalui monitoring kinerja guru (classroom observation) dan rapat sehingga dapat dilihat
iv
permasalahan yang dihadapi guru kemudian dicari solusinya. 2) Hasil pelaksanaan evaluasi kinerja guru di Madrasah Aliyah Al-Falah Sumber Gayam Kadur Pamekasan yaitu semangat kerja yang diperlihatkan guru terus mengalami peningkatan. Hal tersebut dapat dilihat dari tingginya antusias dari dewan guru dalam mengikuti pelatihan dan seminar untuk meningkatkan kemampuan guru sehingga kinerjanya semakin baik dan profesional. Kemudian prestasi yang dihasilkan oleh siswa juga semakin baik sehingga akan dapat dilihat bagaimana kinerja yang diberikan para guru melalui prestasi yang semakin baik tersebut. 3) Hambatan pelaksanaan evaluasi kinerja guru di Madrasah Aliyah Al-Falah Sumber Gayam Kadur Pamekasan yaitu guru tidak mengalami perubahan meski telah dievaluasi, guru yang dievaluasi ke dalam kelas gerogi sehingga cenderung tidak menguasai pembelajaran, adanya beberapa guru yang tidak hadir dalam pelaksanaan rapat pengevaluasian kinerja guru. Akhirnya berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa guru di Madrasah Aliyah Al-Falah Sumber Gayam Kadur Pamekasan telah melaksanakan berbagai evaluasi kinerja guru yang dilalukan oleh kepala madrasah.
Tidak tersedia versi lain