Text
PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA KELAS PADA SEKOLAH UNGGULAN DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL-USWAH LAWANGAN DAYA PADEMAWU PAMEKASAN
ABSTRAK
CholifaturRachmah, 2019, Pengelolaan Sarana dan Prasarana Kelas Pada Sekolah Unggulan Di SekolahDasar Islam Terpadu Al-Uswah Lawangan Daya Pademawu Pamekasan, Institut Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing, Dr. H. Buna’i,S.Ag.,M.Pd.
Kata Kunci: Pengelolaan, Sarana Dan Prasarana Kelas
Ada dua fokus yang menjadi kajian pokok dalam penelitianini. Bagaimana proses Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Kelas Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Uswah Lawangan Daya Pademawu Pamekasan?, kedua apa faktor pendukung dan penghambat dalam Pengelolan Sarana Dan Prasarana Kelas Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Uswah Lawangan Daya Pademawu Pamekasan?
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatan apa saja yang dilakukan di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Uswah Lawangan Daya Pademawu Pamekasan dalam mengelola sarana dan prasarana kelas, mulai dari perencanaan, pengadaan, inventarisasi, penyimpanan, pendistribusian, pemeliharaan, penghapusan.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data untuk penelitian ini dikumpulkan melalui serangkaian observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Bagaimana proses Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Kelas Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Uswah Lawangan Daya Pademawu Pamekasan. Pengeloaan sarana dan prasarana kelas merupakan suatu pengelolaan yang di dalamnya ada beberapa kegiatan meliputi: 1) melakukan perencanaan yang matang agar dalam peroses pengelolaan bisa berjalan dengan lancar, 2) pengadaan sarana dan prasarana di lakukan dengan sangat hati-hati dan teliti, 3) inventarisasi sarana dan prasarana yang cukup penting agar daftar barang milik negara dan sekolah dapat tersusun secara sistematis, tertib dan teratur, 4) penyimpanan sarana dan prasarana yang sudah diadakan sebelumnya, 5) pendistribusian yang menyalurkan barang-barang yang sudah di adakan pada kelas yang membutuhkan, 6) pemeliharaan sarana dan prasarana sekolah dilakukan agar barang-barang yang sudah di adakan agar tahan lama dan awet dan 7) penghapusan sarana dan prasarana untuk pembebasan dari pertanggung jawaban.Kedua, Apa faktor pendukung dan penghambat dalam Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Kelas Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Uswah Lawangan Daya Pademawu Pamekasan. Faktor pendukung dalam pengelolaannya yaitu dari SDM yang ada di sekolah tersebut sudah mempunyai orang-orang khusus dalam menangani kerusakan dan merawat sekolah. Sedangkan penghambat dari dana dan tempat penyimpanan sarana kelas
Tidak tersedia versi lain