Text
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DALAM MEMBENTUK SIKAP INOVATIF KEGIATAN USAHA MAHASISWA MPI IAIN MADURA
ABSTRAK
Fifi Novita Meriyani, 2019, Implementasi Pendidikan Kewirausahaan dalam Membentuk Sikap Inovatif Kegiatan Usaha Mahasiswa MPI IAIN Madura, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing: H. Muhammad Jamaluddin, M.Pd. Kata Kunci: Implementasi Pendidikan Kewirausahaan, Inovatif
Implementasi pendidikan kewirausahaan merupakan upaya menginternalisasikan jiwa dan mental kewirausahaan baik melalui institusi pendidikan maupun institusi lain seperti lembaga pelatihan, training dan sebagainya, pendidikan kewirausahaan bertujuan untuk membekali peserta didik dengan kompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan sebagai wirausahawan. Learning Outcome dari pendidikan ini untuk menciptakan sikap inovatif kegiatan usaha mahasiswa yang baik dan mampu memberdayakan ekonomi baik untuk dirinya maupun masyarakat. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana implementasi pendidikan kewirausahaan dalam membentuk sikap inovatif kegiatan usaha mahasiswa MPI IAIN Madura; kedua, apa saja faktor pendukung yang membuat mahasiswa tertarik berwirausaha; ketiga, apa saja kendala serta solusi yang dihadapi implementasi pendidikan kewirausahaan dalam membentuk sikap inovatif kegiatan usaha mahasiswa MPI IAIN Madura. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Karena peneliti ingin mendeskripsikan implementasi pendidikan kewirausahaan dalam membentuk sikap inovatif kegiatan usaha mahasiswa MPI IAIN Madura. Peneliti menggunakan tiga cara untuk mendapatkan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Informan didalam penelitian ini yaitu dosen pengampu matakuliah kewirausahaan, mahasiswa-mahasiswi di IAIN Madura. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, dalam membentuk sikap kegiatan usaha mahasiswa MPI diterapkan dalam matakuliah kewirausahaan, praktik, kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh kampus. Kedua, faktor pendukung yang membuat mahasiswa tertarik berwirausaha yaitu modal, keinginan, dorongan dari orang-orang terdekat (keluarga, teman, sahabat) serta kemauan dari diri kita. Ketiga, kendala yang dihadapi Implementasi pendidikan kewirausahaan dalam membentuk sikap inovatif kegiatan usaha mahasiswa MPI antara lain, tidak adanya LAB Kewirausahaan, adanya mahasiswa yang bermain hp, kurangnya modal untuk usaha, kurangnya kemauan dan ketertarikan dari diri mahasiswa. Solusi untuk tidak adanya LAB yaitu memberikan praktik langsung dilapangan, untuk kendala mahasiswa main hp diberikan sanksi, dan menggunakan modal seadanya mengenai kendala dari modal.
Tidak tersedia versi lain