Text
STRATEGI PENGELOLAAN KELAS EFEKTIF MELALUI IMPLEMENTASI PENDEKATAN KEKUASAAN DI SMK AL-MUALLAM TELAMBAH KARANG PENANG SAMPANG
ABSTRAK
Baidawi, 2019, Strategi Pengelolaan Kelas Efektif Melalui Implementasi Pendekatan Kekuasaan Di SMK Al-Muallam Tlambah Karang Penang Sampang, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Jurusan Tarbiyah, Pembimbing: Dr. Abd. Mukhid, M. Pd.
Kata Kunci: Strategi Pengelolaan Kelas Efektif, Pendekatan Kekuasaan.
Penelitian ini membahas tentang strategi pengelolaan kelas efektif melalui implementasi pendekatan kekuasaan yang dititik beratkan proses untuk mengontrol tingkah laku anak didik. Kekuasaan bukan berarti guru sembarang memberikan norma-norma tersebut akan tetapi ada aturannya dan kekuasaan dan norma yang mengikat untuk ditaati oleh siswa adalah landasan untuk menciptakan kedisiplinan sehingga akan tercapai suasana belajar mengajar yang baik di dalam kelas di SMK Al-Muallam Tlambah Karang Penang Sampang. Permasalahan yang diangkat adalah bagaimana proses strategi pengelolaan kelas efektif melalui implementasi pendekatan kekuasaan, bagaimana hasil strategi pengelolaan kelas efektif melalui implementasi pendekatan kekuasaan, dan apa faktor pendukung dan faktor penghambat strategi pengelolaan kelas efektif melalui implementasi pendekatan kekuasaan di SMK Al-Muallam Tlambah Karang Penang Sampang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomelogi. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah guru dan siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan peneliti dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, proses strategi pengelolaan kelas efektif melalui implementasi pendekatan kekuasaan di SMK Al-Muallam Tlambah Karang Penang Sampang lebih mengutamakan kedisplinan siswa dan akhlak siswa, dengan menggunakan pendekatan kekuasaan guru dapat merubah sikap siswa meskipun dengan cara system memaksa atau paksaan, siswa tidak akan ada semangat belajar apabila guru tidak mendorong dan tidak memberi dukungan terhadap siswanya. Kedua, hasil strategi pengelolaan kelas efektif melalui implementasi pendekatan kekuasaan di SMK Al-Muallam Tlambah Karang Penang Sampang yaitu siswa yang awalnya nakal sekarang sudah berubah tidak nakal lagi dalam artian disiplin, siswa yang sering dihukum atau diberi sanksi oleh guru memiliki efek jera dan tidak mengulangi lagi. Ketiga, faktor pendukung dan faktor penghambat strategi pengelolaan kelas efektif melalui implementasi pendekatan kekuasaan di SMK Al-Muallam Tlambah Karang Penang Sampang faktor pendukungnya guru lebih senang menggunakan pendekatan kekuasaan karena siswa lebih mematuhi peraturan yang dibuat dan faktor penghambatnya siswa yang nakal tetap saja mengulangi kesalahan yang sama meski dihukum atau disanksi berkali-kali.
Tidak tersedia versi lain