Text
BENTUK PENGELOLAAN HUBUNGAN KERJASAMA PELANGGAN DALAM PERSPETKIF NILAI-NILAI KEAGAMAAN DI SMK NEGERI 1 PAMEKASAN
ABSTRAK
Khoiriyatul Annisak, 2019, Bentuk Pengelolaan Hubungan Kerjasama Pelanggan dalam Perspektif Nilai-Nilai Keagamaan, Skripsi, Program Studi Manajamen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing: Dr. Hj. Mariatul Qibtiyah Harun, AR., M.Ag.
Kata Kunci : Hubungan Kerjasama Pelanggan, Nilai-Nilai Keagamaan
Hubungan atau relationship adalah bentuk komunukasi dua arah antara penjual dan pembeli. Artinya dalam pendidikan penjual disebut sebagai sekolah sedangkan pembeli disebut pelanggan (masyarakat dan instansi). Hubungan kerjasama pelanggan yaitu dimana orang atau suatu organisasi diikutsertakan dalam perencanaan serta pelaksanaan dalam segala sesuatu yang berpusat pada kepentingan dan juga ikut memikul tanggung jawab untuk kemajuan dalam kerjasama. Nilai-nilai keagamaan merupakan suatu keyakinan atau kepercayaan seseorang yang mempengaruhi segala tingkah laku atau perbuatannya.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga (3) permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Siapa saja yang terlibat dalam bentuk pengelolaan hubungan kerjasama pelanggan perspektif nilai-nilai keagamaan di SMKN 1 Pamekasan; kedua, Bagaimana bentuk pengelolaan hubungan kerjasama pelanggan dalam perspektif nilai-nilai keagamaan di SMK Negeri 1 Pamekasan; ketiga, Apa saja problematika dan solusi yang terjadi dalam bentuk pengelolaan hubungan kerjasama dalam perspektif nilai-nilai keagamaan di SMKN 1 Pamekasan
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah Waka Kurikulum,WAKA Humas dan siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui trianggulasi.
Tidak tersedia versi lain