Text
STRATEGI PENGEMBANGAN ANAK BERBAKAT DI SMA NEGERI 1 PAMEKASAN
ABSTRAK
Versi Sofiana Astutik, 2019, Strategi Pengembangan Anak Berbakat, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing: H. Achmad Muhlis, M.A
Kata Kunci : strategi, anak berbakat
Strategi adalah rencana yang disatukan, menyeluruh dan terpadu yang mengaitkan keunggulan strategi dengan tantangan lingkungan dan yang dirancang untuk memastikan tujuan utama dapat dicapai melalui pelaksanaan yang tepat. Bakat adalah kemampuan bawaan yang merupakan potensi yang masih perlu dikembangkan atau dilatih. Pada dasarnya setiap manusia memiliki bakat pada suatu bidang tertentu dengan kualitas yang berbeda-beda. Anak berbakat adalah mereka yang oleh orang-orang profesional diidentifikasi sebagai anak yang mampu mencapai prestasi yang tinggi karena mempunyai kemampuan-kemampuan yang unggul.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua (2) permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimana pelaksanaan pengembangan anak berbakat di SMA Negeri 1 Pamekasan; kedua, Bagaimana peran pendidik dalam mengembangkan bakat dan kreativitas siswa di SMA Negeri 1 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, guru-guru.
4
Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, pelaksanaan pengembangan anak berbakat yaitu (a) dilaksanakan berdasarkan kegiatan dalam bidang akademik dan non akademik. (b) pembina dan pelatih sudah mempunyai strategi tertentu. (c) cara mengetahui bakat peserta didik dengan melihat nilai-nilai yang diperoleh siswa dan diadakan seleksi-seleksi. (d) sedangkan kendala yang terjadi adalah anak tidak rajin datang. Kedua, peran pendidik dalam mengembangkan bakat dan kreativitas siswa (a) guru berperan penting. (b) siswa harus diberi tantangan (c) dikembangkan melalui binaan dan arahan. (d) sekolah, keluarga dan masyarakat harus bekerja sama.
Tidak tersedia versi lain