Text
MANAJEMEN PEMBINAAN KARAKTER MINAT BACA SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 PAMEKASAN SKRIPSI
ABSTRAK
Lusiawati, Yesi 2019. Manajemen Program Pembinaan Karakter Minat Baca Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pamekasan, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing: H. Achmad Muhlis, MA.
Kata Kunci: Manajemen, Pembinaan Karakter, Minat Baca Siswa
Pemerintah dan masyarakat Indonesia tengah gencar-gencarnya mengimplementasikan pendidikan karakter di instistusi pendidikan, terutama pembinaan karakter minat baca. Hal ini yangditerapkan oleh salah satu sekolah Menengah Atas yaitu SMAN 1 Pamekasan. Pembinaanminatbacasangatpentinguntukmengembangkanprestasisiswa. Hal ini sesuai dengan PeraturanMenteriPendidikandanKebudayaanNomor 23 Tahun 2015 yang menyatakanbahwagerakanliterasisekolahmemperkuatgerakanpenumbuhanbudipekerti.
Berdasarkan pemaparan di atas ada tiga fokus yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini yaitu, (1) Bagaimana perencanaan program pembinaan karakter minat baca siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pamekasan (2) Bagaimana pelaksanaan program pembinaan karakter minat baca siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pamekasan (3) Bagaimana evaluasi program pembinaan karakter minat baca siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pamekasan.
Penelitian ini juga termasuk jenis penelitian kualitatif dengan jenisdeskriptif. Adapun sumber data yang diperoleh dengan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan informannya adalah kepala sekolah, guru,dan pengurusperpustakaan SMANegeri 1 Pamekasan. Sedangkan Pengecekan keabsahan data dilakukan keikutsertaan,ketekunan pengamatan, triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, perencanaan program pembinaan karakter minat baca siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pamekasan adalah menerapkan program yang dapat menyadarkan dan membiasakan siswa untuk membaca agar hal itu menjadi kebiasaan yang akan terus dibawa oleh anak sepanjang masa dengan merencanakan literasi yang setiap paginya membiasakan siswa lima belas menit sebelum pelajaran dimulai diwajibkan untuk membaca. Kedua, pelaksanaan program pembinaan karakter minat baca siswa dengan guru memberikan penjelasan, memberikan motivasi kepada siswa, dan guru memberikan perhatian terhadap siswa sehingga tercipta literasi yang baik. Ketiga, evaluasi atau penilaian yang dilakukan oleh guru kepada siswa yaitu dengan membuat sebuah laporan baca, membuat sebuah karya, kemudian siswa mendapat reward oleh sekolah. Dalamperpustakaanperluperbaikanmengenaipenataanperpustakaan agar siswalebihtertarikuntukmembaca di perpustakaan.
Tidak tersedia versi lain