Text
STRATEGI MARKETING DALAM MENINGKATKAN CITRA BPRS SPM PAMEKASAN SEBAGAI BANK BERBASIS SYARIAH
ABSTRAK
Warodhatul Aini, 2019, Strategi Marketing dalam Meningkatkan Citra BPRS SPM Pamekasan Sebagai Bank Berbasis Syariah, Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Madura, Pembimbing Dr. H. Nashar, SE,. MM,. M.Si.
Kata Kunci:Strategi Marketing, Citra
Citra merupakan reputasi dan prestasi yang hendak dicapai bagi dunia hubungan masyarakat. Citra yang baik dari suatu organisasi merupakan asset, karena citra mempunyai suatu dampak pada presepsi konsumen dari komunikasi dan operasi organisasi dalam berbagai hal. Dalam elemen bauran identitas perusahaan, salah satu unsur didalamnya yaitu strategi marketing. Meskipun tidak berperan sebagai faktor tunggal dalam pembentukan reputasi, komunikasi menjadi penting mengingat kebutuhan publik akan informasi tentang perusahaan dan memuaskan kebutuhannya maka informasi harus diberikan secara terus menerus. Permasalahan yang menjadikan pokok dalam penelitian ini yaitu, pertama, bagaimana stategi marketing di BPRS SPM Pamekasan; kedua, bagaimana citra BPRS SPM Pamekasan? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan yaitu Pimpinan, Karyawan dan nasabah BPRS SPM Pamekasan sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Strategi marketing yang dilakukan oleh BPRS SPM Pamekasan dalam meningkatkan citra yaitu 1) Pendekatan dengan media massa dengan menggunakan Radio dan Media Koran. 2) Pendekatan melalui media internet menggunakan website (banksyariahspm.co.id), dan 3) Pendekatan Corporate Sosial Responsibility. kedua, Citra BPRS SPM Pamekasan. Citra pada BPRS SPM Pamekasan mencangkup dua hal yaitu: 1) Kemampuan nilai-nilai universal, seperti prinsip keadilan, jujur transparan dan integritas tinggi, penampilan, professional. 2) Kepercayaan. Salah satuin dikator respon positif dari publik bahwa masyarakat senang dengan segala pelayanan yang dilakukan BPRS SPM Pamekasan.
Tidak tersedia versi lain