Text
PENGARUH BRAND IMAGE DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH PADA PRODUK MURABAHAH DI BMT MAWADDAH CABANG KARANG PENANG
ABSTRAK
HalimatusSa’diyah, 2019,“ PengaruhBrand ImagedanWord of MouthTerhadapKeputusanNasabahPadaProdukMurabahah di BMT MawaddahCabangKarng Penang”. Skripsi, Program StudiPerbankanSyariah, FakultasEkonomidanBisnis Islam, PembimbingFatatiNuriyanaM.S.i
Kata Kunci: Brand Image, Word of Mouth,KeputusanNasabah.
Persaingandalamduniabisnis yang semakinketatmembuatperusahaanberusahamencaristrategi yang tepatdalammemasarkanproduknya.Ciridandayatarikpadasuatuprodukdapatdilakukandenganpemberianbrand (merek). Pilihankonsumenpadasuatubrandtergantungpadaimage yang melekatpadaproduktersebut. Citra merek yang baikakanmembentukpositifword of mouth, konsumenakanberceritatentangkepuasanpadasuatuprodukataujasa, bahkanmerekomendasikanprodukataujasatersebutkepada orang lain.
Permasalahanpenelitianini yaitu,1) apakahbrand imagedanword of mouthberpengaruhsecaraparsialterhahapkeputusannasabahpadaprodukmurabahah di BMT MawaddahCabangKarang Penang, 2) apakahbrand imagedanword of mouthberpengaruhsecarasimultan di BMT MawaddahCabangKarang Penang, 3) Variabelapakah yang paling berpengaruhantarabrand imagedanword of mouthpadakeputusannasabahpadaprodukmurabahah di BMT MawaddahCabangKarang Penang.
Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatif, denganteknikanalisisregresi linear berganda.Jenis data yakni data primer.Respondennya 86 nasabahprodukmurabahahdi BMT MawaddahCabangKarang Penang. Instrument yang digunakandalampengumpulan data iniyaitu, kuesionerpembuktianhipotesismenggunakanujiasumsiklasik, uji F, dankoefisiendeterminasi.
Hasilpenelitianmenggunakananalisisregresi linear bergandamenyatakanbahwa 1) Brand image danword of mouthberpengaruhsignifikanterhadapkeputusannasabahberdasarkannilaiFhitung23,736 >Ftable3,25danhasilujisecaraparsial (uji t) brand image (X1) menunjukkanbahwanilaithitung4,305 >ttabel1,6632. Variabel word of mouth (X2) diperolehthitungsebesar 2,851 hasilujitersebutmenunjukkanbahwathitung2,851 >ttabel1,6632, 2) hasilanalisiskoefisiendeterminasiyaitu 0,549 atau 54,9%, haliniberartikemampuan model regresidalammenerangkanvariabeldependensebesar 54,9% variabelkeputusannasabahdijelaskanolehvariasivariabelindependenbrand imagedanword of motuh.Sedangkansisanya (100%-54,9%=45,1%) dijelaskanolehvariabel-variabellainnya yang tidakdiperhitungkandalampenelitianini 3) Variabel yang paling berpengaruhterhadapkeputusannasabahadalahbrand image dengankoefisienregresisebesar 0,590.
Tidak tersedia versi lain