Text
PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP MINAT NASABAH PRODUK TABAROK DI BPRS SARANA PRIMA MANDIRI (SPM) PAMEKASAN
ABSTRAK
Nur Zakia Firdauziah, 2019, “Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Perusahaan Terhadap Minat Nasabah Produk Tabarok di BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan.” Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Pembimbing Dr. Farahdilla Kutsiyah, S.Pt, MP.
Kata Kunci : Kualitas produk, Citra perusahaan, Minat nasabah
Kualitas Produk merupakan keseluruhan gabungan karakteristik produk dan jasa yang dihasilkan dari pemasaran, rekayasa, produksi, dan pemeliharaan yang membuat produk dapat digunakan sesuai harapan pelanggan atau konsumen. Dan juga produk tersebut harus mampu memenuhi atau melebihi ekspetasi pelanggan. Hal ini sangat penting diperhatikan oleh perusahaan karena masyarakat akan menilai dari pengalaman yang pernah dirasakan maupun yang diperoleh orang lain dalam menilai perusahaan atau yang sering dikenal sebagai citra perusahaan. Adanya kualitas produk dan citra perusahaan yang baik tentunya akan menarik minat nasabah untuk menggunakan produk tersebut. Minat nasabah merupakan keinginan yang timbul dari diri nasabah sendiri tanpa adanya paksaan dari orang lain untuk memutuskan pembelian atau menggunakan jasa atau produk tertentu.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif kausal dengan menggunakan analisis regresi berganda yang berguna untuk mengukur kekuatan hubungan suatu variabel dengan variabel lainnya dan menunjukkan arah hubungan antara variabel dependen dengan variabel independen. Adapun cara pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan non probability sampling. Penelitian ini menggunakan 94 responden sebagai sampel dari keseluruhan populasi penelitian dengan menyebarkan kuesioner. Analisis data menggunakan uji F (simultan) dan uji t (parsial).
Hasil penelitian berdasarkan persamaan regresi linier berganda yaitu kualitas produk terhadap minat nasabah memiliki pengaruh yang signifikan. Hasil pengujian citra perusahaan terhadap minat nasabah juga memiliki pengaruh yang signifikan. Hasil uji t untuk variabel kualitas produk berpengaruh signifikan dengan nilai thitung 3,985 > ttabel 1,986 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Untuk variabel citra perusahaan diperoleh nilai thitung 4,834 > ttabel 1,9986 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Serta pengujian hipotesis dengan uji F menunjukkan bahwa kualitas produk dan citra perusahaan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah dengan nilai Fhitung 36,003 > Ftabel 3,10 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Pengujian ini menunjukkan variabel kualitas produk dan citra perusahaan berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah produk Tabarok di BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan.
Tidak tersedia versi lain