Text
PENERAPAN RELATIONSHIP MARKETING DALAM MEMPERTAHANKAN ANGGOTA DI BAITUL MAL WA AT- TAMWIL USAHA GABUNGAN TERPADU (BMT UGT SIDOGIRI) CABANG PEMBANTU TLANAKAN
ABSTRAK
Nurul Fitriyah, 2019, Penerapan Relationship Marketing dalam mempertahankan Anggota Di Baitul Mal Wa At-Tamwil (BMT UGT) Sidogiri Cabang Pembantu Tlanakan, Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam. Pembimbing: Moch. Cholid Wardi, M.HI
Kata Kunci: Penerapan, Relationship Marketing, Anggota
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapn Relationship Marketing dalm mempertahankan anggota dengan mengacu pada proses pelaksanaan pamasaran yang dilakukan oleh BMT UGT Sidogiri cabang pembantu Tlanakan. Serta merekomendasikan hal-hal yang dapat mendukung pelaksanaan Relationship Marketing agar dapat dimanfaatkan sebaik mungkin.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan menggunakan data wawancara/interview, dokumentasi dan observasi. Dan tehnik analisis data yang digunakan adalah deskriptif analisis dengan cara mendeskripsikan data. Tehnik pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan kehadiran peneliti, ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa, pelaksanaan Relationship Marketing menjadi solusi dalam mengembangkan anggota di BMT UGT Sidogiri cabang pembantu Tlanakan dengan terus berhubungn baik dengan anggota serta memberikan pelayanan yang baik. Selain itu terus menjaga komunikasi dengan anggota bisa dimulai dari ruang lingkup paling kecil yaitu lingkungan kerja dengan terus menjaga solidaritas dan saling menghormati satu sama lain. Lingkungan kerja akan sangat efektif ketika adanya pembagian tugas masing-masing berdasarkan strukturisasi. sehingga antara satu dengan yang lain akan sangat mudah dalam menyelesaikan beban yang diberikan kepada masing-masing karyawan. Selain itu peran Relationship Marketing dalam mempertahankan anggota dapat meningkatkan jumlah anggota, meningkatkan loyalitas anggota terhadapa BMT UGT Sidogiri serta meningkatkan jumlah pendapatan yang diperoleh melalu pengurangan jumlah biaya pemasaran. Adapun faktor yang dapan mendorong pelaksaan Relationship adalah adanya data bese anggota, perkembangan teknologi serta promosi yang dilakukan oleh BMT UGT Sidogiri. Berbeda dengan faktor yang dapat menghambat pelaksanaan Relationship merketing yaitu jarak anggota dengan lokasi usaha, kondisi ekonomi dan anggota yang tak mau menjalin hubungan baik dengan BMT UGT Sidogiri.
Tidak tersedia versi lain