Text
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN MULTY PAYMENT ONLINE (MPO) TERHADAP KEPUASAN NASABAH PEGADAIAN SYARIAH CABANG JOKOTOLE PAMEKASAN
ABSTRAK
Anna Fijriatul latifah, 2019, Pengaruh Kualitas Pelayanan Multy Payment Online Terhadap Kepuasan Nasabah Pegadaian Syariah Cabang Jokotole Pamekasan, Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Pembimbing: Mohammad Bashri Asy’ari, MA.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan
Kualitas pelayanan adalah salah satu kata kunci untuk mencapai kepausan nasabahnya. Pegadaian Syariah Cabang Jokotole di saing untuk memenuhi kepuasan nasabahnya dengan memiliki aplikasi Multy Payment Online. Perkembangan dan persaingan lembaga keuangan yang berbasis syariah mulai bermunculan dapat dipastikan berdampak pada kenyamanan dan kepuasan anggota sehingga Pegadaian Syariah cabang jokotole Pamekasan dituntut untuk bisa memuaskan anggotanya dan menjadi loyal. Dari realita tersebut menghasilkan pertanyaan besar yaitu adakah pengaruh kualitas pelayanan Multy Payment Online terhadap kepuasan nasabah pegadaian syariah cabang jokotole pamekasan.
Untuk menjawab permasalahan diatas, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif melalui instrumen angket yang disebarkan kepada responden. Untuk selanjutnya diolah menggunakan aplikasi SPSS versi 24 for windows untuk menguji hipotesis berdasarkan uji validitas, realibilitas, uji asumsi klasik, dan terakhir uji regresi linier sederhana.
Hasil penelitian koefisien regresi linier sederhana menunjukkan bahwa kualitas Pelayanan Multy Payment Online berpengaruh posistif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah pada Pegadaian Syariah Cabang jokotole Pamekasan. Berdasarkan hasil uji t menunjukkan bahwa nilai thitung untuk kualitas pelayanan diperoleh sebesar 1,530 > t tabel 1,972 dengan taraf signifikan sebesar 0,044 yang lebih kecil dari 0,05 , hal ini menunjukkan bahwa t hitung > t tabel dan taraf signifikan sebesar 0,044 < 0,05 maka Ha diterima, artinya Kualitas Pelayanan Multy Payment Online mempunyai pengaruh terhadap kepuasan nasabah. Serta koefisien determinasi diketahui R square 0,021 atau 2,1% yang berarti bahwa variabel independen (Kualitas Pelayanan Multy Paymen Online) mampu menjelaskan Variabel dependen (kepuasan Nasabah) sebesar 2,4% sedangkan sisanya (100% - 2,4% = 97,9%) dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diperhitungkan dalam analisis ini.
Tidak tersedia versi lain