Text
KINERJA PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN DI BMT NU CABANG PROPPO
ABSTRAK
Leni Dia Astutik, 2019, “Kinerja Pemasaran Produk Pembiayaan di BMT NU Cabang Proppo”, Skripsi, Program Studi Perbankan Syari’ah, Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Madura, Pembimbing Sakinah, M.E.I.
Kata Kunci: Kinerja Pemasaran, Produk Pembiayaan, BMT NU cabang Proppo
Perkembangan ekonomi Islam kini telah mengalami fase kemajuan, dimana setiap lembaga keuangan syari’ah berlomba-lomba memperbaiki kinerjanya agar mampu bersaing kedepannya. Salah satunya adalah lembaga keuangan syari’ah BMT NU cabang Proppo, saat ini telah menjadi lembaga keuangan mikro syari’ah yang memiliki peranan penting di masyarakat khususnya bagi masyarakat yang memiliki pendapatan rendah, dan pendirian BMT juga berdampak positif bagi ekonomi kerakyatan, namun dalam mencapai tujuannya BMT perlu menata organisasi yang benar terencana dengan baik agar setiap kinerja pemasaran produknya mengalami peningkatan. Produk pembiayaan yang diluncurkan BMT NU cabang Proppo adalah murabahah, al qardhul hasan,dan rahn.
Penelitian ini menggunakan metode/penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif dengan menekankan pada penelitian lapangan (field reearch). Penelitian lapangan yang dimaksud dalam penelitian kualitatif ini adalah untuk mengungkap dan mendeskripsikan fokus-fokus penelitian melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggambarkan kenyataan yang terjadi di lapangan secara jelas dan terperinci, dimulai dari tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, dan tahap penulisan laporan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja pemasaran produk pembiayaan BMT NU cabang Proppo telah mengalami perkembangan setiap tahunnya. Untuk mengukur tingkat keberhasilan itu peneliti menggunakan metode metriks. Metode tersebut menggunakan beberapa indicator yaitu, ukuran pangsa pasar, manajemen produk, margin/laba, promosi, dan strategi penetapan harga. Indicator pengukur kinerja pemasaran tersebut tidak lepas dari kesungguhan BMT NU dalam mempromosikan dan menawarkan setiap produk pembiayaan yang diluncurkan BMT. Serta selalu melakukan pembenahan demi kenyamanan dan keberlangsungan proses pemasaran produk BMT NU Cabang Proppo. Meskipun kinerja pemasaran tersebut belum mencapai target, hal tersebut dikarenakan mitra BMT NU Cabang Proppo masih dalam skala yang pendapatannya rendah, juga masih ada kekhawatiran dari masyarakat untuk bergabung menjadi mitra. Namun, BMT NU cabang Proppo semaksimal mungkin untuk melakukan perbaikan-perbaikan terus menerus menjadi lebih baik dan terdepan.
Tidak tersedia versi lain