Text
PERAN STRATEGIS KETOKOHAN KYAI DALAM PEMASARAN KOPERASI SYARIAH NURI PAMEKASAN
ABSTRAK
LianFawahan, 2019, Peran Strategis Ketokohan Kyai dalam Pemasaran Koperasi Syariah Nuri Pamekasan, Skripsi, JurusanPerbankanSyariah, FakultasEkonomidanBisnis Islam, IAIN Madura, Pembimbing: H. Abdul MuktiThabrani, Lc, M.Hi
Kata Kunci:KetokohanKyai, Pemasaran
Kyaimerupakanpublic relations bagiumat Muslim, karenakyaimemilikiposisi yang sangatpentingdalammasyarakat, sehinggacitradankepercayaanmasyarakatkepadakyaiakanmemengaruhikemajuanataukemunduranentitasmasyarakat yang dinaunginya.Kelompokrujukan (reference group) di KoperasiSyariahNuriselamainimenggunakankekuatanpemasarandarimulutkemulut (word of mouth marketing).Hal tersebutberpengaruhpadakeputusanmasyarakatdalammemanfaatkanlayananKoperasiSyraiahNuri.SelanjutnyapendapatdarinasabahbahwamerekamenggunakanlayananKoperasiSyariahNurikarenadakwah, ceramahdansosialisasidarikyai.Berdasarkanuraiantersebut, makapenelititertarikuntukmenelitilebihlanjutmengenaihaltersebutdanmenuliskannyadalamsebuahskripsidenganjudul “PeranStrategis KetokohanKyaidalamPemasaranKoperasiSyariahNuriPamekasan”
Permasalahan yang menjadikajianpokokdalampenelitian ini yaitu, pertama, bagaimanastrategi pemasaran melalui ketokohan kyai di Koperasi Syariah Nuri Pamekasan?;kedua, bagaimanaperan ketokohan kyai dalam pemasaran di Koperasi Syariah Nuri Pamekasan? Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenisdeskriptif. Sumber data diperolehmelaluiwawancara, observasidandokumentasi. InformannyayaituPimpinan, karyawandannasabah KSN NuriPamekasan. Sedangkanpengecekankeabsahan data dilakukanmelaluiketekunanpengamatandantriangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Strategipemasaan yang dilakukanoleh KSN NuriPamekasanyaitumenggunakanstrategisegmenting, targetingdanpositioning. Selainitu, denganmengembangkanmarketingmixataubauranpemasaran yang terdiridariempat unsure yaitubrand, proses danpelayanan.Kedua, Perandanfungsikyaidalampemasaran KSN NuriPamekasanmerupakanbentuksinergitasantarakyaidanmasyarakat. Kyaisebagai mediator danpublic relation KSN NuriPamekasandanhaltersebutmerupakanaplikasidaristrategipemasaran. Kyaisangatberpotensiuntukmemasarkan KSN NuriPamekasanmelaluijalurkultural, karenakekuatan yang dimilikinya. Kekuatan-keuatantersebutmeliputikharisma, kapasitaskeilmuan, otoritasdankekuasaannya di dalampesantren.
Tidak tersedia versi lain