Text
STRATEGI KEUNGGULAN BERSAING DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH DI BPRS SARANA PRIMA MANDIRI PAMEKASAN
ABSTRAK
Agus Hariyanto, 2019, Strategi Keunggulan Bersaing Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah di BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan, Skirpsi, Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing: H. Wadhan, SE. M.Si
Kata Kunci: strategi, keunggulan bersaing, meningkatkan jumlah nasabah
Dalam dunia modern sekarang ini, peranan perbankan dalam memajukan peranan suatu negara sangatlah besar, hampir semua sektor yang berhubungan dengan berbagai kegiatan keuangan selalu membutuhkan jasa perbankan. Oleh karena itu, saat ini dan masa mendatang kita tidak akan lepas dari dunia perbankan, jika hendak menjalankan aktifitas keuangan, baik perorangan ataupun suatu perusahaan. Tujuan penelitian ini yaitu: (1). Untuk Menganalisa Strategi Keunggulan Bersaing Yang Digunakan Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah di BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan. (2). Untuk Menganalisa Efektifitas Strategi Keunggulan Bersaing Dalam Meningkatkan Jumlah Nasbah di BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subyek penelitian dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah. Ketika peneliti mengumpulkan data untuk tujuan penelitian ilmiah kadang-kadang ia perlu memerhatikan sendiri berbagai fonomena dan obsevasi yang saya lakukan yaitu mengamati lokasi BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan dan juga mengamati transaksi antara nasabah dengan karyawan. Analisis data dilakukan sebelum memasuki lapangan, selama dilapangan, dan setelah dilapangan. Tahapan analisis data yaitu checking dan organizing.
Hasil penelitian peneliti yang dilakukan di BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan adalah BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan menyampaikan keunggulan biaya dengan tidak menyebutkan nama lembaga keuangan lain untuk menjadi pembanding dan pesaing, serta membagikan brosur produk yang dimiliki. Selanjutnya mengenalkan diferensiasi dengan cara mengadakan sosialisasi kepada masyarakat dan menggunakan bahasa yang lugas sehingga pemaparan produk yang dikakukan mudah dipahami oleh masyarakat. Yang terakhir yaitu fokus BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan memiliki tujuan atau target yang ingin dicapai, tujuan utamanya yaitu menyediakan produk-produk yang berprinsip syariah. Untuk mengetahui seberapa efektif strategi yang dilakukan BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan dalam meningkatkan jumlah nasabah yaitu dengan cara melihat presentase jumlah nasabah dari tahun ketahu dan BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan dalam melakukan starategi untuk meningkatkan jumlah nasabah di BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan bisa dikatakan sudah signifikan karena dalam lima tahun terakhir jumlah nasabah mengalami peningkatan.
Tidak tersedia versi lain