Text
Strategi Promosi dalam Pemasaran Produk Tabungan Mudharabah Berjangka pada BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan
ABSTRAK
M. Rizal Umam, 2019, StrategiPromosidalamPemasaranProduk Tabungan MudharabahBerjangkapada BMT UGT SidogiriCabangPamekasan, Skripsi, Program StudiPerbankanSyariah, FakultasEkonomidanBisnis Islam, IAIN Madura, Pembimbing: Dr. H. Nashar, SE., MM., M.Si.
Kata Kunci:StrategiPromosi, Pemasaran, Tabungan MudharabahBerjangka.
LembagakeuangansyariahsepertiBaitul Mal Wattamwildalamoperasionalnyamemerlukandana. Fundingdanlending menjadifungsiutamadalammenjalakanoperasionalnya.BMT UGT SidogiriCabangPamekasanmemilkiproduktabunganmudharabahberjangka yang dikemasdenganbundling produk.Produkinimenggunakanakadmudharabahmustarakah al mutlaqoh.Mekanismedariprodukinianggotamenyimpandananyake BMT melaluiproduktabunganmudhrarabahberjangkasetelahitukaryawanmemberikankendaraanbermotorkeanggotasesuaiketentuan yang diberlakukan BMT.Kendaraan yang diberikankeanggotatersebutbukanhadiahmelainkanbarangcicilandenganmengambilkandaribagihasiltabungananggota.Strategipromosisangatdiperlukanoleh BMTuntukmengenalkanataumemasarkankemasyarakatluas.Cara promosiharuslahefektifdanmenarikdalammemberikaninformasi agar masyarakattertarikdanberkenanbergabung.
Penelitianinimemfokuskanpadastrategi, implementasi, faktorpendukungdanfaktorpenghambatpromosi yang digunakanoleh BMT UGT SidogiriCabangPamekasan.Kareanapromosiefektifberdampakterhadapbertambahnyaanggotadanjumlah nominal yang masuktabunganmudharabahberjangka.
Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenispenelitiandeskriptif.Teknikpengumpulan data menggunakanwawancaratidaktersruktur, observasi, non-partisipan, dandokumentasi.Informanpenelitianyaitukepalabagiansimpanan, karyawanbagiansimpanan, kepalabagian legal remidial, karyawanbagian legal remedial. Proses pengumpulan data mengambildariwawancarakaryawan, teori di bukudan data anggotapada server BMT.
Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa, 1).strategipromosi yang digunakanoleh BMT yaituperiklanan, penjualanpribadi, publisitas, danpromosipenjualan. 2). Implementasistrategipromosimeliputimenerbitkanbrosuredaran, banner, tulisan, besertagambar. Setelahitukaryawanmenawarkanlangsungketempatkonsumenberada (door to door) denganmemberikanfoto copy danmenjelaskansecarasingkat, padatdanmudahdimengerti. Selainitumelibatkananggotauntukmempromosikandarimulutkemulut (word of mout).Dan jugamemberikanmasaberlakudaripenawaranbroduktersebut.3).Faktorpenghambatdaripromosiprodukiniadalahkompetitor/pesaing, ketentuan nominal yang boleh bundling produkterbilangtinggi, tidakadanyakaryawati, danbelumadaiklan di televisi. Sedangkanfaktorpendukungnyaadalahadanya bonus bagikaryawan yang mampumembawaanggotabaru, pelayanankaryawan yang baik, danakseskantor yang terbilangmudah.
Tidak tersedia versi lain