Text
Kompetensi Guru dalam Mendesain Kelas yang Humanistik di Madrasah Aliyah Mambaul Ulum 2 Desa Ponjanan Timur Kecamatan Batumarmar Kabupaten Pamekasan
ABSTRAK
Amalia Putri, 2019, Kompetensi Guru dalam Mendesain Kelas yang Humanistik di Madrasah Aliyah Mambaul Ulum 2 Desa Ponjanan Timur Kecamatan Batumarmar Kabupaten Pamekasan, skripsi, program studi manajemen pendidikan islam, jurusan tarbiyah, pembimbing: Jamiluddin Usman, M, Pd.
Kata kunci: KompetensiGuru, Mendesain Kelas, Humanistik
Mendesain kelas sangat penting dalam dunia pendidikan. Hal ini bertujuan untuk mengatasi kejenuhan dan kengantukan di dalam kelas pada proses belajar mengajar berlangsung. Mendesain kelas ini merupakan salah satu kewajiban bagi setiap guru untuk tercapainya Pembelajaran Aktif , Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM). Maka dari itu, untuk mecapai (PAKEM) tersebut seorang guru dituntut untuk memiliki Empat kompetensi yaitu; kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional.
Ada Empat fokus yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu:.Pertama, Bagaimana kompetensi pedagogik guru dalam mendesain kelas yang humanistik di Madrasah Aliyah Mambaul Ulum 2. Kedua, Bagaimana kompetensi profesional guru dalam mendesain kelas yang humanistik di Madrasah Aliyah Mambaul Ulum 2. Ketiga, Bagaimana sosial guru dalam mendesain kelas yang humanistik di Madrasah Aliyah Mambaul Ulum 2. Keempat, Bagaimana kepribadian guru dalam mendesain kelas yang humanistik di Madrsah Aliyah Mambaul Ulum 2.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, guru dan peserta didik. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan peneliti dan triangulasi.
Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa:Pertama, kompetensi pedagogik guru dalam mendesain kelas yang humanistik di Madrasah Aliyah Mambaul Ulum 2 guru di lembaga pendidikan tersebut lihai dalam mendesain kelas sehingga menjadi kelas yang humanistik, dan selalu menghargai setiap pendapat dari peserta didiknya.Kedua, kompetensi profesional guru dalam mendesain kelas yang humanistik di Madrasah Aliyah Mambaul Ulum 2 guru selalu memberikan yang terbaik kepada peserta didiknya dan selalu membuka sebuah pertanyaan bagi peserta didik yang belum paham dan belum mengerti terkait materi yang disampaikan sehingga peserta didiknya mengerti dan paham.Ketiga, kompetensi sosial guru dalam mendesain kelas yang humanistik di Madrasah Aliyah Mambaul Ulum 2 seroang guru dilembaga ini selalu mendekati setiap peserta didiknya bertujuan untuk memudahkan dalam melaksanakan atau menciptakan kelas yang humanistik.Keempat, kompetensi kepribadian guru dalam mendesain kelas yang humanistik di Madrsah Aliyah Mambaul Ulum 2 dan usaha yang dilakukan untuk menciptakan kelas yang humanistik salah satunya menggunakan kepribadian yang dimiliki oleh setiap guru yang ada di lembaga tersebut, yaitu seperti melakukan kebaikan- kebaikan baik di dalam lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat, dengan ini maka mudah untuk mencipkatan suasana kelas yang diinginkan oleh setiap guru.
Tidak tersedia versi lain