Text
STRATEGI PEMBINAAN PESERTA DIDIK MELALUI PENGELOLAAN KELAS DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DALAM BELAJAR DI SMA NEGERI 3 PAMEKASAN
ABSTRAK
Basri,2019,“ Strategi Pembinaan Peserta Didik Melalui Pengelolaan Kelas Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Dalam Belajar Di Sma Negeri 3 Pamekasan” Skripsi, Program Studi Manejemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing: Dr. H. Mohammad Kosim,M.Ag
Kata Kunci : Strategi Pembinaan,kedisiplinan siswa
Strategi pembinaan dalam pengelolaan kelas yang dimaksud dalam penelitian adalah upaya guru dalam mengelola serta menata siswa dalam perosespembelajaran yang berlangsung di kelas yang nantinya akan berpengaruh terhadap kedisiplinan siswa, perilaku siswa dengan serta lingkungan yang ada.Penelitian ini dibuat oleh penulis untuk bahan acuan bagi calon pendidikan bahkan tenaga pendidik dalam upaya meningkatkan kedisiplinan belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran yang bisa dilakukan melalui pengelolaan kelas.
Adapun Masalah-masalah yang dikaji dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut :Pertama, Apa saja strategi yang di lakukan dalam pembinaan pengelolaan kelas untuk meningkatkan kedisiplinan siswa dalam belajar di SMA Negeri 3 Pamekasan Kedua,. Kendala apa saja yang dihadapi dalam implementasi strategi pembinaan dalam pengelolaan kelas untuk meningkatkan kedisiplinan siswa dalam belajar di SMA Negeri 3 Pamekasan
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Pengumpulan datanya diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi di SMA Negeri 3 Pamekasan dengan mendeskripsikan fenomena-fenomena yang ada di lokasi penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari Strategi yang di lakukan dalam pembinaan pengelolaan kelas untuk meningkatkan kedisiplinan siswa dalam belajar di SMA Negeri 3 Pamekasan ada beberapa yang sudah dilaksanakan. Tidak hanya 1 strategi saja. Pengelolaan tersebut, a) penerapan metode yang dilakukan oleh guru pada saat pembelajaran dalam upaya mengasah kemampuan anak serta kemandirian anak untuk tampil aktif di kelas b) tidak bergantung kepada materi yang disampaikan oleh guru c) Pembinaan siswa dalam kelas pada saat proses pembelajaran berlangsung Pelaksanaan pembelajaran BK (Bimbingan Konseling) di sekolah
Kendala yang dihadapi dalam implementasi strategi pembinaan dalam pengelolaan kelas untuk meningkatkan kedisiplinan siswa dalam belajar di SMA Negeri 3 Pamekasan adalah Perbedaan Metode dari masing-masing guru dan juga Sikap siswa yang berbeda yang membuat strategi tidak sesuai dengan apa yang sudah di jalankan oleh guru.
Tidak tersedia versi lain