Text
PELAKSANAAN MARKETING JASA PENDIDIKAN DALAM PENINGKATAN MUTU PENGELOLAAN DI MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH AWWALIYAHNURUL QUR’AN DESA LADEN KEC.PAMEKASANKAB.PAMEKASAN
ABSTRAK
Istianah, 2019, Pelaksanaan Marketing Jasa Pendidikan dalam Peningkatan Mutu Pengelolaan di Madrasah Diniyah Takmiliyah Nurul Qur’an Desa Laden Kec. Pamekasan Kab. Pamekasan, Kakultas Tarbiyah, Pembimbing: Dr. Edi Susanto M. Fil. I
Kata Kunci: Marketing jasa, MutuPengelolaan
Madrasah aliyah ta’waliyah nurul qur’an adalah lembaga yang menerapkan marketing jasa yang cukup unik dan menarik banyak perhatian masyarakat karena strategi marketing yang dilakukan berbeda dengan lembaga pada umumnya yang biasa dilakukan yaitu, memasarkannya melalui tetangga dekat lembaga, penyebaran brosur dan banner, menggunakan media dimana media disana ialah melalui media telivisi, radio, dan kalender yang dibagikan oleh pihak yayasan kepada santri, lalu dilanjutkan dengan berbagaia cara seperti haflatul imtihan, perayaan hari besar islam, dan lomba-lomba bagi para santri. Selain itu pengasuh juga ikut andil dalam proses marketing dengan menginformasikan dalam setiap kegiatan yang diikuti oleh pengasuh dalam berbagai organisasi.
Dari berbagai strategi marketing yang telah disebutkan diatas, maka ada tiga focus masalah yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, BagaimanaPerencanaanPelaksanaan Marketing JasaPendidikan di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah Nurul Qur’an Desa Laden Kec. Pamekasan Kab. Pamekasan? ;Kedua, Apa Saja Faktor Pendukung dan Penghambat Pelaksanaan Marketing Jasa Pendidikan di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah Nurul Qur’an Desa Laden Kec. Pamekasan Kab. Pamekasan?; Ketiga, Apa Saja Manfaat Pelaksanaan Marketing Jasa Pendidikan di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah Nurul Qur’an Desa Laden Kec. Pamekasan Kab. Pamekasan?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian menggunakan deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi .informasinya adalah Kepala Madrasah, KepalaSekolah, Wakil Kepala sekolahdan Guru Pengajar. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjanagan kehadiran peneliti, ketekunan pengamatan, tringulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, mengadakan sosialisasi kepada masyarakat,perencana marketing di Madrasah ini setiap awal masuk pelajaran baru. Pelaksanaannya dilaksanakan setiap pertiga bulan selama satu tahun. Cara pelaksanaan pemasaran ini ialah promosi melalui tetanggadekat, benner, menggunakan media, memasarkan dengan kegiatan seperti: pawaiobor, pawai edukasi, jjs, isro’ mi’roj, mauled nabi, dan juga imtihan, penyebaran brosur, dan terakhir pengasuh langsung yang mengiformasikan dalam rangka kegiatan pengasuh sendiri. Kedua, Adapun factor pendukung adanya semua kegiatan yang ada di Madrasah, dan bimbingan dari pengasuh. Kegiatan dengan masyarakat. Sedangkan kendala yang ada di Madrasah itu sendiri ialah :berbenturannya kegiatan umum dengan kegiatan madrasah, masalah keuangan.Ketiga, Manfaaat yang di peroleh santri mendapatkan wawasan dan memberikan pengalaman dan juga kekreatifan santri dalam mengikuti kegiatan yang ada di madrasah.
Tidak tersedia versi lain