Text
Program Pengembangan Diridalam Membentuk Karakter Religius Siswa melalui Kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah Wachid Hasyim Palengaan,
ABSTRAK
Wahyudi, 2019, Program Pengembangan Diridalam Membentuk Karakter Religius Siswa melalui Kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah Wachid Hasyim Palengaan,Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Jurusan Tarbiyah, IAIN MADURA, Pembimbing: Moh Hafid Effendy, M,Pd.
Kata Kunci:Pengembangan Diri, Karakter Religius, Kurikulum 2013,
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keadaan yang terjadi di lembaga Madrasah Aliyah Wachid Hasyim Palengaan, sehingga peneliti tertarik untuk meneliti mengenai Program Pengembangan Diri dalam Membentuk Karakter Religius Siswa melalui Kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah Wachid Hasyim Palengaan.
Berdasarkan hal tersebut, ada beberapa fokus penelitian yaitu. 1) BagaimanaProgram Pengembangan Diri dalam Membentuk Karakter Religius Siswa melalui Kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah Wachid Hasyim Palengaan?, 2) Bagaimana proses pelaksanaan Program Pengembangan Diri dalam Membentuk Karakter Religius Siswa melalui Kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah Wachid Hasyim Palengaan?, 3) Apa sajafaktor penghambat dalam pelaksanaan Program Pengembangan Diri dalam Membentuk Karakter Religius Siswa melalui Kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah Wachid Hasyim Palengaan?, 4) Bagaimana cara mengatasi faktor penghambat dalam pelaksanaan Program Pengembangan Diri dalam Membentuk Karakter Religius Siswa melalui Kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah Wachid Hasyim Palengaan?.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian fenomenologis dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan informanyaitu kepala sekolah, waka kurikulum, waka kesiswaan dan siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan dalam Program Pengembangan Diri dalam Membentuk Karakter Religius Siswa melalui Kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah Wachid Hasyim Palengaan bertujuan untuk membentuk karakter siswa yang bernilai keagamaan, serta mengasah bakat minat siswa dalam menanamkan rasa iman dan taqwa kepada allah SWT, proses pelaksanaan Program Pengembangan Diri dalam Membentuk Karakter Religius Siswa melalui Kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah Wachid Hasyim Palengaansesuai waktu yang ditetapkan oleh sekolah dan semua elemen sekolah ikut berpartisipasi dalam program tersebut, faktor penghambat dalam pelaksanaan Program Pengembangan Diri dalam Membentuk Karakter Religius Siswa melalui Kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah Wachid Hasyim Palengaan siswa tidak mematuhi tata tertib sekolah (bermalas-malasan). Adapun cara mengatasi faktor penghambat dalam pelaksanaan Program Pengembangan Diri dalam Membentuk Karakter Religius Siswa melalui Kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah Wachid Hasyim Palengaan dengan bekerja sama pengurus pondok, orang tua dan semua elemen sekolah.
Tidak tersedia versi lain