Text
Manajemen Program Pembinaan Karakter Disiplin Siswa Di MA An-Najah 1 Karduluk Sumenep
ABSTRAK
Destri Wahyuni, 2019. Manajemen Program Pembinaan Karakter Disiplin Siswa Di MA An-Najah 1 Karduluk Sumenep. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Dosen Pembimbing:Dr. Siswanto, M. Pd.I.
Kata Kunci: Manajemen, Pembinaan Karakter, Disiplin
MA An-Najah 1 Karduluk Pragaan Sumenep merupakan Madrasah Aliyah sebagai salah satu jenjang dalam pendidikan menegah yang diselenggarakan untuk mengembangkan sikap, kemampuan, pengetahuan dan keterampilan yang dipersiapkan untuk hidup dalam masyarakat dan menyiapkan peserta didik dalam memasuki tingkat tinggi.
Fokus dalam penelitian ini yaitu: a) Bagaimana manajemen proram pembinaan karakter disiplin siswa di MA An-najah 1 Karduluk Pragaan Sumenep, b) Apa Saja Fator Pendukung dan Penghambat Manajemen Program Pembinaan Karakter Disiplin Siswa di MA an-Najah 1 Karduluk Pragaan Sumenep
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangakan jenis penelitian yang digunakan oleh fenomenologis. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kesiswaan, waka kurikulum, dan sisiwa MA An-Najah 1 Karduluk. Adapun prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan dalam melakukan pengecekan keabsahan data adalah perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, uraian rinci, triangulasi, auditing. Adapun tahap-tahap dalam penelitian ini adalah tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan dan tahap analisis data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa a) Manajemen Program Pembinaan Karakter Disiplin Siswa MA An-Najah 1 Karduluk Pragaan Sumenepadalah dengan menggunakan fungsi manajemen yaitu sebagai berikut; (1) perencanaan, kegiatan perencanaan program kerja di MA An-Najah 1 Karduluk yaitu dilakukan pada awal pembelajaran oleh bagian kesiswaan, (2) pelaksanaan, kegiatan pendidikan karakter beberapa diantaranya sudah dilaksankan yaitu seperti halnya sholat dzuhur dan dhuha berjamaah, majlis ta’lim, muhadhoroh. Dan itu sudah menjadi kegiatan madrasah yang rutin diselenggarakan setiap hari oleh siswa, (3) pengawasan, yaitu bisa dengan pengawasan langsung dan pengawasan tidak langsung, (4) pengevaluasian, yaitu dilakukan setiap bulan sekali, dimana dalam evaluasi ini kesiswaan merekap dari sisi absensi baik itu absesnsi yang di jurnal guru maupun absensi yang di jurnal kelas.b) Faktor-faktor pendukung dan penghambat Manajemen Program Pembinaan Karakter Disiplin Siswa MA An-Najah 1 Karduluk Pragaan Sumenep adalah sebagai beriku; (1) faktor pendukungnya yaitu dari madrasah itu sendiri yang memang berada dibawah naungan pondok pesantren, kondisi masyarakat yang rata-rata memang religi serta sisi kondisifitas lingkungan dan juga sarana dan prasarana yang memadai serta mendukung terhadap semua program siswa yang dilakukan oleh siswa MA An-Najah 1 Karduluk, (2) faktor hambatannya itu ada pada mental siswa itu sendiri yang kadangkala dipengaruhi oleh hal-hal negatif yang datangnya dari pergaulan-pergaulan luar, seperti halnya rata-rata siswa itu terpengaruh oleh teman-temnnya yang ada di luar, kemudian ada juga yang akibat dari media sosial.
Tidak tersedia versi lain