Text
Strategi promosi dalam meningkatkan ketertarikan anggota baru di koperasi PGA
ABSTRAK
Fifi oktavia, 2019, Strategi promosi dalam meningkatkan ketertarikan anggota
baru di koperasi PGA, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam,
Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing:
H.muhammad Jamaluddin, M.Pd.
Kata Kunci: Strategi promosi, anggota baru, koperasi
. Strategi Promosi atau pemasaran adalah pendekatan pokok yang akan
digunakan oleh unit bisnis dalam mencapai sasaran yang telah ditetapkan lebih
dulu, di dalamnya tercantum keputusan- keputusan pokok mengenai target pasar,
penempatan produk di pasar, bauran pemasaran dan tingkat biaya pemasaran yang
diperlukan. Koperasi merupakan badan usaha bersama yang beranggotakan orangseorang atau badan hukum koperasi dengan melaksanakan kegiatannya berdasar
prinsip koperasi, sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasar atas
asas-asas kekeluargaan. Makna usaha bersama ini adalah semua kegiatan usaha
dilakukan bersama-bersama untuk kepentingan bersama, diurus secara
kekelurgaan, sehingga memberikan dasar bekerja yang saling menguntungkan,
saling membantu satu sama lain sseperti layaknya dalam keluarga sendiri yang
harmonis dan anggota adalah kekuatan utama yang dimilki oleh koperasi yaitu
pemilik dan sekaligus penggunaan jasa koperasi.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua(2) permasalahan yang menjadi
kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimana strategi pengurus
dalam meningkatkan ketertarikan anggota baru di koperasi PGA MAN 2
Pamekasan; kedua, Apa saja kendala strategi promosi dalam meningkatkan
ketertarikan anggota baru di koperasi PGA MAN 2 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
fenomenologi. Sumber data dalam penelitian ini adalah pengurus koperasi,
anggota koperasi, dan kepala sekolah MAN 2 Pamekasan. Adapun prosedur
pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan
dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini reduksi data, displey data,
penarikan kesimpulan. Sedangkan dalam melakukan pengecekan keabsahan data
melalui derajat keterpercayaan (credibility). Adapun tahap-tahap dalam penelitian
ini adalah pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, tahap analisis data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, strategi pengurus dalam
meningkatkan ketertarikan anggota baru adapun strategi yang digunakan yaitu
menggunakan strategi yaitu menawarakan jasa, strategi bonus kemudian
menggunakan strategi rapat tahunan yang membahas mengenai kesejahteraan
anggota dan program kerja koperasi, memberikan usulan atau aspirasi. Kedua,
kendala strategi promosi dalam meningkatkan ketertarikan anggota baru yaitu
terjadinya pasang surut di dalam koperasi, kurangnya modal, tingkat partisipasi
anggota koperasi masih rendah, kurangnya sarana dan prasarana yang ada di
koperasi, kinerja yang kurang kompeten dan pesaing yang banyak.
Tidak tersedia versi lain