0,05 dan nilai thitung 1,141< 1,97623 ttabel artinya penelitian ini tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap loyalitas konsumen sedangkan variabel kualitas produk dalam penelitian ini menunjukkan bahwa nilai signifikan 0,000< 0,05 dan nilai thitung 5,497 > 1,97623 ttabel artinya berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. Berdasarkan hasil pengujian model (Uji F) variabel etika bisnis Islam dan kualitas produk secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Konsumen. Sedangkan pengujian secara parsial (Uji t) variabel Etika bisnis islam tidak terdapat pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Loyalitas Konsumen, Sedangkan variabel Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Konsumen dan variabel Kualitas produk mempunyai pengaruh lebih besar terhadap loyalitas konsumen." />
Text
PENGARUH ETIKA BISNIS ISLAM DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN SWALAYAN BASMALAH LARANGAN TOKOL
ABSTRAK
Sitti Hasanah 2019. "Pengaruh Etika Bisnis Islam Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Swalayan Basmalah Larangan Tokol"
Skripsi, Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam, Pembimbing: Farid Firmansyah M.M
Kata kunci: Etikabisnis Islam, kualitas produk, loyalitas konsumen
Semakin cepat dan pesat perkembangan dunia ekonomi dan bisnis. Mengakibatkan semakin ketatnya persaingan di dunia bisnis. Dimana pembisnis harus memenuhi keinginan konsumen agar dapat bersaing dengan tetap memperhatikan etika bisnis islam dan kualitas produknya. Konsumen merupakan elemen dasar dari setiap bisnis. Konsumen merupakan faktor penentu bagi eksistensi suatu perusahaan. Mengingat dalam hal berbisnis saat ini konsumen memegang kekuasaan yang cukup tinggi sehingga banyak pelaku bisnis berlomba-lomba untuk tetap menarik perhatian konsumen agar tidak berpaling. Konsumen yang loyal adalah salah satu hal penting yang dapat membantu bisnis untuk berkembang dan tanpa konsumen perusahan tidak dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya Oleh karena itu, penulis akan menganalisis Pengaruh etika bisnis islam dan kualitas produk terhadap loyalitas konsumen.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kausal komparatif dengan teknik analisis regresi linear berganda. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuisioner. kualitas Data diperoleh dari penyebaran kuesioner terhadap 150 konsumen Swalayan Basmalah, kemudian dilakukan analisis dengan menggunakan analisis data secara kuantitatif. Analisis kuantitatif meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan uji F, serta analisis koefisien determinasi (R2), sedangkan pengolahan datanya menggunakan SPSS.
Dari hasil pengolahan data penelitian diperoleh regresi linier berganda Y = 2,195+ 0,051+ 0,279 + e. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya terlihat pada nilai Adjusted sebesar yang berarti bahwa yang mempengaruhi loyalitas konsumen dapat dijelaskan oleh kedua 0,243 variabel independen yaitu etika bisnis Islam dan kualitas produk sebesar 24,3%, dan sisanya yaitu 75,7% dapat dijelaskan oleh variabel lain di luar model penelitian ini. Secara parsial berdasarkan hasil uji t menunjukkan bahwa variabel etika bisnis islam dengan nilai signifikan 0,256 > 0,05 dan nilai thitung 1,141< 1,97623 ttabel artinya penelitian ini tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap loyalitas konsumen sedangkan variabel kualitas produk dalam penelitian ini menunjukkan bahwa nilai signifikan 0,000< 0,05 dan nilai thitung 5,497 > 1,97623 ttabel artinya berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen.
Berdasarkan hasil pengujian model (Uji F) variabel etika bisnis Islam dan kualitas produk secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Konsumen. Sedangkan pengujian secara parsial (Uji t) variabel Etika bisnis islam tidak terdapat pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Loyalitas Konsumen, Sedangkan variabel Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Konsumen dan variabel Kualitas produk mempunyai pengaruh lebih besar terhadap loyalitas konsumen.
Tidak tersedia versi lain