Text
Peran Kepemimpinan Dalam Meningkatakan Kinerja Krayawan BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pamekasan
ABSTRAK
Zimatul Ummah, 2019, Peran Kepemimpinan Dalam Meningkatakan Kinerja Krayawan BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pamekasan, Skripsi, Jurusan PBS, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Pembimbing : Fatati Nuryana, M. Si
Kata Kunci : Kepemimpinan, Kinerja Karyawan.
Kepemimpinan adalah seseorang yang memiliki kekuasaan dalam menggerakkan bawahannya dalam pemberian tugas, memiliki kemampuan mempengaruhi orang lain atau bawahannya melalui pola hubungan yang baik untuk mencapai perubahan yang signifikan dan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Kinerja karyawan adalah pencapaian hasil kerja yang diperoleh oleh karyawan dalam periode tertentu, kinerja juga merupakan seperangkat perilaku yang relevan dengan tujuan organisasi atau unit organisasi.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang dijadikan sebagai fokus penelitian, yaitu: pertama, bagaimana metode kepemimpinan yang diterapkan di BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pamekasan; kedua, bagaimana peran kepemimpinan dalam meningkatkan kinerja karyawan BPRS Bhakti Sumekar cabang Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, sumber data yang diperoleh melalui wawancara kepada pihak pimpinan cabang dan karyawan BPRS Bhakti Sumekar cabang Pamekasan, observasi, dokumentasi, sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikut sertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkkan bahwa: pertama, cara yang diterapkan oleh pimpinan cabang BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pamekasan adalah dengan cara memberikan intruksi yang baik yang tidak hanya disampaikan secara kontak pribadi namun juga disapaikan secara menyeluruh dengan melibatkan semua karyawan, melakukan brefing kepada semua karyawan, berbaur dengan semua karyawan, dan pimpinan menempatkan dirinya sebagai bagian integral perusahaan yakni dengan mengangap para bawahannya sebagai rekan bukan sebagai pimpian dan bawahan, dan memebrikan motivasi kepada para bawahannya,yaitu dengan memberikan reward agar bekerja lebih keras dan semangat untuk mencapai tujuan awal perusahaan, dari pernyataan diatas pimpinan adalah tipe seorang pemimpin yang menggunakan cara demokratis dalam kepemimpinannya. Kedua, pimpinan menjalankan perannya sebagai seorang pemimpin yakni dengan mengarahkan para bawahannya agar bisa bekerja dengan baik dan bertanggung jawab atas pekerjaannya masig-masing dengan tetap menjaga koordinasi yang baik. Menjaga kualitas layanan prima bagi para bawahannya dengan cara memastikan sarana dan prasarana tersedia dengan baik. memantau para karyawannya setiap hari, pimpinan juga mengadakan briefing setiap hari, mengadakan rapat setiap satu minggu satu kali untuk mengetahui perkembangan bagian marketing, sehingga proses pengendalian berjalan dengan baik, dan kinerja karyawan meningkat seperti dalam cepatnya pelayanan, naiknya jabatan salah satu karyawan yaitu Haerus Shaleh dari bagian Akunting ke Kabag Operasional.
Tidak tersedia versi lain