Text
Strategi Pemasaran Produk Tabungan Haji di BNI Syariah Kantor Cabang Pembantu (KCP) Sumenep
ABSTRAK
Sri Yuliana Dewi, 2019, Strategi Pemasaran Produk Tabungan Haji di BNI Syariah Kantor Cabang Pembantu (KCP) Sumenep , Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam, Pembimbing H.Abdul Mukti Thabrani,Lc.M.HI.
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Tabungan Haji
BNI Syariah adalah salah satu lembaga keuangan bank yang merupakan cabang dari bank BNI Konvensional, yang berada di Kabupaten Sumenep. BNI Syariah dalam aktifitasnya terbagi menjadi tiga macam yaitu: simpanan, pembiayaan dan pemberian jasa. Simpanan yang ada di BNI Syariah salah satunya adalah BNI Baitullah iB Hasanah (Tabungan Haji) . Tabungan Haji yang ada di BNI Syariah KCP Sumenep merupakan produk yang cukup diminati oleh para nasabah. Dengan berdirinya BNI Syariah KCP Sumenep yang terbilang masih 9 tahunan dan semakin banyaknya lembaga keuangan yang menawarkan produk tabungan haji, sehingga membutuhkan strategi pemasaran yang tepat dalam upaya memperoleh kepercayaan nasabah. Penulis berdasarkan latar belakang tertarik untuk mengadakan penelitian tentang strategi BNI Syariah KCP Sumenep dalam memasarkan produk Tabungan Haji yang berjudul “ Strategi Pemasaran Produk Tabungan Haji di BNI Syariah KCP Sumenep.
Peneliti memfokuskan pada dua masalah. Pertama, bagaimana proses pemasaran yang dilakukan oleh BNI Syariah KCP Sumenep terhadap produk tabungan haji? Kedua, strategi apa saja yang digunakan oleh BNI Syariah KCP Sumenep untuk memasarkan produk tabungan haji? Tujuan dari penelitian ini adalah : pertama, mengetahui proses pemasaran yang dilakukan oleh BNI Syariah KCP Sumenep terhadap produk tabungan haji : Kedua, mengetahui bauran pemasaran yang diterapkan oleh BNI Syariah KCP Sumenep dalam memasarkan produk Tabungan Haji.
Subjek penelitian ini adalah manajer, pegawai BNI Syariah KCP Sumenep dan nasabah Tabungan Haji dan objek dari penelitian ini adalah strategi pemasaran BNI Baitullah iB Hasanah (Tabungan Haji). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan prosedur pengumpulan data yang digunakan yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian adalah pertama, proses pemasarannya yakni bekerja sama dengan dengan KBIH, Koperasi Nusantara, Pegadaian Syariah, dan para Kiai yang mempunyai Pondok Pesantren. Kedua, strategi pemasaran yang dilakukan oleh BNI Syariah KCP Sumenep dalam memasarkan produk tabungan haji menggunakan promosi. Promosi yang digunakan adalah penjualan pribadi dan periklanan yang mana dengan menggunakan perumusan strategi pemasaran tersebut bertujuan untuk menarik nasabah dan mempertahankan nasabah yang sudah ada.
Tidak tersedia versi lain