Text
PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENYIMAK SIARAN TELEVISI PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 4 PAMEKASAN
ABSTRAK
Maimunatul Munawaroh, 2019, Penerapan Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Keterampilan Menyimak Siaran Televisi pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri 4 Pamekasan, Skripsi, Program Studi Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing : Moh. Hafid Effendy, M.Pd.
Kata Kunci : Pendekatan Kontekstual, Keterampilan Menyimak Siaran Televsi
Peneltian ini dilatarbelakangi oleh adanya ketertarikan peneliti terhadap suatu keterampilan menyimak yang merupakan salah satu keterampilan yang penting bagi siswa. Maka dari itu, perlu adanya perhatian yang serius terhadap hal-hal yang dapat melatih keterampilan tersebut. Salah satu upaya yang dapat di tempuh adalah menciptakan atau mengusahakan pelaksanaan pembelajaran menyimak yang efektif dan kondusif. Untuk itu, diantaranya menerapkan pembelajaran menyimak berbasis pendekatan kontekstual. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua fokus penelitian, diantaranya: Pertama, Bagaimana penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran keterampilan menyimak siaran Televisi pada siswa kelas VII di SMP Negeri 4 Pamekasan?, Kedua, Apa saja faktor penghambat dan penunjang dalam penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran keterampilan menyimak siaran Televisi pada siswa kelas VII di SMP Negeri 4 Pamekasan? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan sumber datanya yaitu guru bahasa Indonesia, dan siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjang keikutsertaan, ketekunan pengamatan, uraian rinci, triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, melakukan tahap awal kegiatan pembelajaran, yaitu mempersiapkan materi yang akan disampaikan, mempersiapkan RPP, melakukan kegiatan pembuka seperti mengucap salam, doa bersama, kegiatan apersepsi dan menyiapkan media yang akan digunakan. Selanjutnya, tahap inti pembelajaran yang dilakukan yaitu menjelaskan tujuan pembelajaran kemudian menjelaskan materi menggunakan pendekatan kontekstual. Setelah itu, melakukan kegiatan menyimak siaran Televisi. Kemudian, tahap akhir pembelajaran yang dilakukan yaitu melakukan kegiatan evaluasi seperti memberikan tugas, Kuis dan Pekerjaan Rumah. Kemudian, dilanjutkan dengan menutup pembelajaran dengan salam. Kedua, faktor penghambat, yaitu saat penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran keterampilan menyimak siaran Televisi yaitu adanya waktu yang terbatas dan beberapa siswa yang masih sulit diatur. Faktor penunjang yaitu antusias siswa yang sangat bagus, kemudian adanya media pembelajaran yang lengkap.
Tidak tersedia versi lain