Text
STRATEGI PENGEMBANGAN HOME INDUSTRI BATIK TULIS DALAM RANGKA MENINGKATKAN PENJUALAN DI DESA LARANGAN BADUNG KECAMATAN PALENGAAN KABUPATEN PAMEKASAN
ARTIKEL
SURAMLAH
NIM. 18201503030173
ABSTRAK
Suramlah, 2019, “Strategi Pengembangan Home Industri Batik Tulis dalam Rangka Meningkatkan Penjualan di Desa Larangan Badung Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan”,Skripsi, Institut Agama Islam Negeri Madura, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (EBIS), Prodi Ekonomi Syariah (ES), PembimbingDr. H. Nashar, SE., MM., M.Si.
Kata kunci:strategibisnis, Home industri, Batik
Home industri batiktulis (Rose batik) merupakan salah satuusahabatiktulisyang termasukdalampakaiantradisional. Jenisdesain dan motifkainbatikdapatmemberikanketergiurankonsumendalammelihat dan membeli. Membukausahahomeindustribatiktulis (Rose batik) membutuhkan modal besarakantetapimemilikinilaiekonomi dan keuntungan yang cukuptinggi. Homeindustribatiktulis (Rose batik) mempunyai pengaruh besarterhadap desain batik tulis ketika mengikut iperkembangan zaman yang sudah modern seperti . Mendirikansuatuusahakecilataupunbesarharusmembuatperencanaanataupunstrategi. Strategi bisnissangatdibutuhkankarenamampu menghasilkanhasil yang dapatmeningkatkandalammengembangkansuatuproduk dan juga menghasilkanhasildariapa yang sudahdirencanakan. Strategi yang di gunakan pada home industri batik tulis (Rose batik) yaitu dengan mengembangkan produk dan kekreatifan motif-motif pada kain batik itu sendiri.
Ada duafokuspenelitian yang menjadikajianutamadalampenelitianini, yaitu: (1) StrategiBisnispada HomeIndustriBatikTulis (Rose batik)dalam Rangka MeningkatkanPenjualan di DesaLarangan Badung Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan (2) Kendala batiktulis (Rose batik) terkait dengan faktor cuaca, naik turunnya harga kain, dan persaingan antar homeindustri.
Tidak tersedia versi lain