Text
PENGARUH KARAKTERISTIK MARKETING SYARIAH TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI BASMALAH MART PAKONG
ABSTRAK
KurniatinApriliani, 2019, PengaruhKarakteristik Marketing SyariahterhadapKepuasanPelanggan di TokoBasmalahPakong,Skripsi, Program StudiEkonomiSyariah, JurusanEkonomidanBisnis Islam, Pembimbing : FatatiNuryana M.si.
Kata Kunci :KarakteristikMarketing Syariah,KepuasanPelanggan.
Perkembangandalamperekonomiansaatini, pengusahamaupunpedagangyang menerapkannilai-nilai Islam tertuntutuntuksemakinmeningkatkandayasaingbaikdalamkualitasmaupunpelayanan yang diberikanuntukmempertahankankelangsunganhidupusahanya.Khususnyadalampertokoanmuslim. Sehinggamenyebabkanadanyapersaingandengantoko-toko yang menerapkannilai-nilai Islam lainnya.Sebabakibatinilah alumni PonpesSidogiridanTokoh-tokohmasyarakatPakongbergerakmemintapadaPonpesSidogiriPusatuntukmembuatcabangusahajenisritel di PakongPamekasan.
Usaha jenisritelinididirikanuntuktetapmenstabilkanperekonomiandenganprinsip-prinsipSyariah.Agar tetapeksisdanbertahandalampersaingan yang ketatnamuntetapdalamketentuansyariah, makasebuahusaharitelmembutuhkannilaidarikarakteristikmarketing syariah yang dapatmendukungkepuasanpelanggandanpeningkatanomsetpenjualan.KarakteristikMarketingSyariahterdiridariTheistis, Etis, Realistis, danHumanistis.
Lokasipenelitianyaitu di TokoBasmalahPakong.Penelitianinimenggunakanpendekatanpenelitiankuantitatif, denganjenispenelitiankorelasi.Respondenpenelitianbejumlah 88 respondenmenggunakanmetodepurposive sampling.Dalampengumpulan data penelitimenggunakan instrument angketberupakuisioner.Analisadalampenelitianinimenggunakanujiregresi linear bergandadenganbantuanIBM SPSS Statistics 20.
Hasilpenelitianiniyaitusecarasimultanataubersama-samakarakteristikmarketingmarketingsyariah yang terdiridaritheistis, etis, relaistis, danhumanistisberpengaruhsignifikanterhadapkepuasanpelanggan.Secaraparsialvariabelmarketingsyariah yang berpengaruhsecarasignifikanterhadapkepuasanpelangganyaknivariabelEtisdanrealistis.Variabeltheistisdanhumanististidakberpengaruhsecarasignifikan.Sedangkan yang paling dominansecarasignifikanadalahvariabelEtis.Secarakeseluruhanterdapatpengaruhsecarapositifdansignifikandarikarakteristikmarketing syariahterhadapkepuasanpelanggan di BasmalahMart Pakong.
Tidak tersedia versi lain