Text
IMPLEMENTASI SUSTAINABLE COMPETITIVE ADVANTAGE (SCA) DALAM MENINGKATKAN MUTU DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 2 PAMEKASAN
ABSTRAK
Ita Rahmawati, 2019, Implementasi Sustainable Competitive Advantage (SCA) Dalam Meningkatkan Mutu di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Pamekasan, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendididkan Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing: Dr. Abd Mukhid, M. Pd.
Kata Kunci: Strategi SCA, Mutu.
Salah satu permasalahan pendidikan saat ini adalah rendahnya mutu pendidikan pada setiap jenjang dan satuan pendidikan. Mengenai masalah mutu pendidikan dapat dilihat dalam dua hal, yakni mengacu pada proses pendidikan dan hasil pendidikan. Salah satu usaha yang dapat dilakukan agar dapat meningkatkan mutu dan bersaing adalah membangun apa yang dikenal sebagai Sustainable Competitive Advantage (SCA) atau keunggulan bersaing yang berkelanjutan. Lembaga harus memiliki keunggulan agar dapat bersaing dengan para pesaingnya. Keuggulan kompetitif di madrasah dapat tercapai apabila madrasah memiliki pengelolaan SDM yang strategik dan kompetitif. Ada tiga fokus permasalahn yang menjadi kajian pokok dalam penelittian ini yaitu: pertama, strategi apa yang digunakan dalam implementasi strtategi SCA dalam meningkatkan mutu di MAN 2 Pamekasan, kedua, bagaimana langkahlangkah implementasi Strategi SCA dalam meningkatkan mutu di MAN 2 Pamekasan, ketiga, apa saja faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam meningkatkan mutu di MAN 2 Pamekasan. Penelitian ini mengguanakn pendekatan kualitatif, dengan jenis deskriptif. Data yang diperoleh yaitu dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informannya ialah sekretaris waka kesiswaan dan koordinator keagamaan yang mengetahui bagaimana implementasi strtaegi SCA dalam meningkatkan mutu di MAN 2 Pamekasan. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh oleh peneliti terdapat beberapa temuan tentang hasil penerapan SCA yaitu, pertama, dilihat dari strategi yang digunakan yaitu melakukan sosialisasi atau promosi tentang keunggulan dan prestasi-prestasi yang telah diraih dengan bekerjasama degan instansi yang terkait. Kedua, dalam penerapan strategi SCA diperlukan langkah-langkah yaitu proses penyusunan, pelaksanaan, dan evaluasi. ketiga, terkait beeberapa faktor pendukung dan penghambat yang berpengaruh terhadap keberhasilan implementasi strategi SCA, faktor pendukungnya yaitu, adanya tenaga pendidik yang profesional, program pendidikan, output/hasil siswa yang diajar, serta masyarakat sekitar. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu; adanya sarana dan prasarana yang tidak ada, ketidak disiplinan siswa.
Tidak tersedia versi lain