Text
PENERAPAN STRATEGI RELATIONSHIP MARKETING DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS NASABAH DI KSPP. SYARIAH BMT NU CABANG TLANAKAN
ABSTRAK
Hayatin,PenerapanStrategiRelationship MarketingDalamMempertahankanLoyalitasNasabah di KSPP.Syariah BMT NU CabangTlanakan, Skripsi, program StudiperbankanSyariah, JurusanEkonomidanBisnis Islam PembimbingTaufikkurrahman, M.H.
Kata kunci :Relationship Marketing, LoyalitasNasabah
Adanyaglobalisasidanpasarbebasmembuatduniaperdaganganpemasaransecaraotomatisakanberadapadapersaingan yang sangatketat. Sehinggamembuatperusahaankhususnyaperusahaanperbankanharusberusahakerasuntukterusmeningkatkankepuasanbagipelanggan.Perusahaanharusmelakukansuatuhubungan yang baik (Relationship Marketing) yang baik agar berhasildalammemenangkanpersaingandanmemberikanpelayananterkaitproduknya yang lebihbermutu.Penelitianinidenganjudul “PenerapanStrategi Relationship Marketing DalamMempertahankanLoyalitasNasabah di kspp.Syariah BMT NU CabangTlanakan”.memilikirumusanmasalahBagaimanapenerapanstrategi Relationship Marketing dalammempertahankanloyalitasnasabah di KSPP.Syariah BMT NU CabangTlanakandanapasajakendala yang dihadapidalammenerapkanstrategi Relationship Marketing di KSPP. Syariah BMT NU CabangTlanakan. TujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuipenerapanstrategiRelationship Marketingdalammempertahankanloyalitasnasabah di KSPP. Syariah BMT NU CabangTlanakandanuntukmengetahuiapasajakendala yang dihadapidalammenerapkanstrategi Relationship Marketing di KSPP. Syariah BMT NU CabangTlanakan.
Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatif.Sumber data yang diperolehmelaluiwawancara, observasi, dokumentasi .berdasarkanpenelitian yang telahdilakukan tentang “PenerapanStrategi Relationship Marketing DalamMempertahankanLoyalitasNasabah di KSPP.Syariah BMT NU CabangTlanakan” yaitupenerapan yang di utamakanadalahdarisegipelayanannya, dimanaKSPP.Syariah BMT NU CabangTlanakanmenggunakancara yang berbedayaituseringmengadakankunjunganlapangandanselalumemberikanpenghargaanterhadapnasabah.
Hasil penelitian ini menunjukkan dengan adanyapenerapanstrategiRelationship Marketing bertujuanuntukmempertahankanparanasabah agar tetappercayaterhadapproduk yang dimilikiKSPP.Syariah BMT NU CabangTlanakandantidakakanmudahberpindahpadalembagakeuangansyariahlainnya.
Tidak tersedia versi lain