Text
STRATEGI PROMOSI JASA KONSULTAN DALAM BIDANG KEMITRAAN PADA KUALITA PENDIDIKAN INDONESIA (KPI) SURABAYA
ABSTRAK
Junaidi, 2019. Strategi Promosi Jasa Konsultan Dalam Bidang KemitraanPada Kualita Pendidikan Indonesia (KPI) Surabaya, yang disusun oleh Junaidi. Skripsi, Fakultas Tarbiyah, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Dosen Pembimbing:Dr. Muhammad Kosim, M. Ag
Kata Kunci: Strategi Promosi, kemitraan
Pemasaran (marketing ) merupakan sebuah konsep ilmu dalam strategi bisnis yang bertujuan untuk mencapai kepuasan berkelanjutan bagi stakeholder (pelanggan, karyawan dan pemegang saham). Sebagai ilmu, marketing merupakan ilmu pengetahuan yang objektif yang diperoleh dengan penggunaan instrument-instrumen tertentu untuk mengukur kinerja dari aktivitas bisnis dalam membentuk, mengembangkan, mengarahkan pertukaran yang saling menguntungkan dalam jangka panjang antara produsen dan konsumen atau pemakai. Sebagai strategi bisnis, marketingmerupakan tindakan penyesuaian suatu organisasi yang berorientasi pasar dalam menghadapi kenyataan bisnis dalam lingkungan mikro maupun lingkungan makro yang terus berubah
Dalam penelitian ini, peneliti lebih memfokuskan pada beberapa pointdiantaranya:pertama Bagaimana implementas strategi promosi jasa konsultan dalam bidang kemitraan pada Kualita Pendidikan Indonesia (KPI) Surabaya;kedua Faktor apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam strategi promosi jasa konsultan dalam bidang kemitraan pada Kualita Pendidikan Indonesia (KPI) Surabaya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologis. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informannya adalah Jindral Manajer, Manajer, staff area Barat dan staff area Timur.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Pertama,Ada dua strategi yang dipake dalam mempromosikan jasa yaitu strategi media sosial dan strategi jejaring sosial. Untuk mencapai strategi tersebut yaitu dengan upaya merencanakan, melakukan, tindakan, evaluasi, dan media yang sering digunakan dalam mempromosikan yaitu Telemarketing, Broadcast WA, media sosial (Facebook, Instagram, Twitter) berupa Flyer atau copywriting produk dan jasa KPI.Kedua,Fakor pendukung merupakan fakor yang mempengaruhi kelancaran dalam sebuah kegiatan. Ada beberapa faktor pendukung yang ada dalam promosi jasa. Faktor pendikung tersebut adalah Kemajuan dalam teknologi, Perubahan dalam kebutuhan konsumen, Hidup produk yang sangat pendek, Meningkatnya persaingan pasar internasional.Sedangkan faktor penghambat merupakan sesuatu yang mempengaruhi terganjalnya dalam sebuah kegiatan yang dilaksanakan. Faktor tersebut adalah Dana yang tersedia, Sifat pasar, Konsentrasi pasar, Sifat produk.
Tidak tersedia versi lain