Text
PENERAPAN STRATEGI INQUIRY PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MA AL-ISLAMIYAH I SUMBER BATU BLUMBUNGAN LARANGAN PAMEKASAN
ABSTRAK
Atqol Umam, 2019. Penerapan Strategi Inquiry Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MA Al-Islamiyah I Sumber batu Blumbungan Larangan Pamekasan skripsi, Penerapan Strategi Inquiry Pada Mata Pelajaran Fiqih di MA Al-Islamiyah I Sumber batu Blumbungan Larangan Pamekasan jurusan tarbiyah, program studi pendidikan agama islam, pembimbing Dr. H. Nor Hasan, M.Ag.
Kata kunci: Strategi pembelajaran Inquiry
Strategi inquiry adalah suatu kegiatan belajar yang mengajak siswa untuk berperan aktif dalam mencari dan menemukan solusi dari sebuah persoalan berdasarkan konsep-konsep dan prinsip-prinsip serta pendidik, mendorong peserta didik untuk memiliki pengalaman sendiri, sehingga peserta didik termotivasi untuk melanjutkan kegiatan pembelajaran sampai selesai.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam dalam penelitian ini, yaitu: pertama bagaimana langkah-langkah penerapan strategi pembelajaran inquiry pada mata pelajaran fiqih di MA Al-Islamiyah I, yang kedua, apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam mendiskripsikan strategi pembelajaran inquiry.
Penelitian ini bertujuan untuk: pertama, mengedentifikasi langkah-langkah penerapan strategi inquiry pada siswa kelas x MA AL-Islamiyah I Sumber batu Blumbungan Larangan Pamekasan, kedua mendeskripsikan faktor-faktoryang menjadi pendukung dan penghambat terlaksananya strategi inquiry pada siswa kelas X MA AL-Islamiyah I Sumber Batu Blumbungan Larangan Pamekasan.
Penelitian ini, menggunakan penelitian pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian dilakukan di MA AL-Islamiyah I Sumber batu Blumbungan Larangan Pamekasan, dengan subyek penelitian adalah guru fiqih dan siswa kelas X. Dan pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama siswa bisa mencari suatu permasalahan dengan menggunakan kemampuan intelektualnya, dengan menggunakn langkah-langkah dalam menerapkan strategi inquiry dengan baik, berupa orientasi, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis dan merumuskan kesimpulan. Kedua,Faktor pendukung dan penghambat dari penerapan strategi inquiry di MA Al-Islamiyah I. Faktor pendukung diantaranya kematangan guru dalam menyampaikan materi, sarana dan prasarana, literatur yang ada di perpustakaan, sedangkan faktor penghambat antara lain, kemampuan intelektual siswa yang berbeda, kurangnya media pembelajaran dan kurangnya sarana dan prasarana diperpustakaan, dan waktu.
Tidak tersedia versi lain