Text
PENGARUH ORIENTASI BELANJA TERHADAP MINAT BELI SECARA E-COMMERCE PADA MAHASISWA INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA .
ABSTRAK
Robiatul Andawiyah, 2019. Orientasi Belanja Terhadap Minat Beli Secara E-commerce pada Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Madura, Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Pembimbing Dr. H Rudy Hariyanto. MM
Kata Kunci: Belanja Online, Orientasi Belanja, Minat Beli, E-Commece.
Orientasi belanja adalah bagian dari gaya hidup konsumen yang berasal dari kegiatan, ketertarikan, dan pendapat mereka mengenai kegiatan berbelanja itu sendiri. Minat beli merupakan bagian dari komponen perilaku konsumen dalam sikap mengonsunsi, kecenderungan responden untuk bertindak sebelum keputusan membeli benar-benar dilaksanakan. Minta beli merupakan intruksi diri konsumen untuk melakukan pembelian atas suatu produk, perencanaan, mengambil tindakan-tindakan yang relevan seperti mengusulkan, merekomendasika, memilih dan ahirnya mengambil keputusan untuk melakukan pembelian. Tujuan dari penelitian ini, peneliti ingin mengetahui apakah ada pengaruh Orientasi Belanja Terhadap Minat beli secara E-commece pada mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Madura.
Penelitian ini meggunakan metode kuantitatif dengan teknis analisis regresi linier sederhana sedangkan pembuktian hipotesis mengguanakn uji t. jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui kuesioner. Respondennya adalah Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Madura yang pernah melakukan pembelian online. Penghitungan sampel menggunakan non probability sampling, jenis yang digunakan adalah accidental sampling dengan respon sebanyak 100 mahasiswa, dengan menggunakan SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) versi 20.
Dari hasil pengolaan data penelitian diperoleh Y= 6,256 + 0,485X. Hasil hipotesis secara parsial didapatkan thitung sebesar 7,972 dengan taraf sig 0,000 lebih kecil dari 0,05. Hal tersebut berarti terdapat pengaruh positif dan signifikan dari orientasi belanja terhadap miat beli secara e-commerce pada mahasiswa institut agama islam negeri madura. Hasil uji koefisien R Square adalah 0,411 atau 41,1% yang berarti 41,1% minat beli mahasiswa institut agama islam negeri madura dipengaruhi orientasi belanja, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Oleh karena itu perlu pegembangan penelitian ini lebih lanjut terkait topik ini, karena ada variabel-variabel lainnya yang mempengaruhi minat beli.
Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat di ambil kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan orientasi belanja terhadap minat beli secara e-commece pada mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Madura. Di sarankan hendaknya perusahaan e-commerce melakukan evaluasi yang berhubungan dengan kepuasan konsumen dan harus tetap mempertahankan kepercayaan konsumen.
Tidak tersedia versi lain