Text
IMPLIKASI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN OJEK ONLINE (GO-JEK) DI KABUPATEN PAMEKASAN
ABSTRAK
Mega Ayu Asmara 2019, Implikasi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Ojek Online (Go-jek) Di Kabupaten Pamekasan, Skripsi, Program Studi Ekonomi Syariah (ES), Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Madura, Dr. Eko Ariwidodo, M.Phil
Kata Kunci: Pelayanan, Kepuasan Konsumen.
Implikasi merupakan keterlibatan atau keadaan yang terlihat, keterlibatan secara langsung atau tidak langsung. Implikasi dalam penelitian skripsi ini yaitu dampak atau pengaruh yang ditimbulkan dari pelayanan terhadap kepuasan konsumen, penelitian ini akan menjelaskan tentang dampak pelayanan ojek online, khususnya Go-jek terhadap kepuasan konsumen. Pelayanan yang baik akan menghasilkan manfaat dan kepuasan konsumen. Kepuasan terjadi bila sesuai dengan harapan konsumen. Go-jek merupakan layanan ojek Online yang membantu masyarakat untuk mengatasi beberapa keluhan yang dihadapi. Penelitian ini menetapkan pelayanan sebagai tolak ukur kepuasan konsumen Go-jek di kabupaten Pamekasan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dampak ojek online terhadap kepuasan konsumen Go-jek di kabupaten Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier sederhana, pembuktian hipotesis menggunakan uji-t, dan jenis data yang digunakan yakni data primer yang diperoleh melalui kuesioner. Respondennya yaitu konsumen Go-jek di kabupaten Pamekasan, perhitungan sampel menggunakan teknik non probability sampling, dan jenis yang digunakan yakni accidental sampling. Responden sebanyak 100 orang, yang diuji menggunakan SPSS (Statistical Package For the Sosial Sciences) versi 20.
Hasil pengolahan data diperoleh Y = 7,379 + 0,369X. Hasil hipotesis secara parsial didapatkan t-hitung sebesar 8,550 dengan taraf sig 0,000 lebih kecil dari 0,05. Hal tersebut berarti terdapat pengaruh positif dan signifikan dari pelayanan terhadap kepuasan konsumen Go-jek di kabupaten Pamekasan Madura. Hasil uji koefisien R Square yaitu 0,427 atau 27,7%, berarti 27% kepuasan konsumen Go-jek di kabupaten Pamekasan dipengaruhi oleh pelayanan, dan sisanya 57,3% dipengaruhi oleh variabel lain. Sehingga perlu pengembangan penelitian lebih lanjut, karena terdapat variabel lain yang mempengaruhi kepuasan konsumen. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pelayanan terhadap kepuasan konsumen Go-jek di kabupaten Pamekasan Madura. Perusahaan Go-jek disarankan hendaknya melaksanakan evaluasi, perbaikan terhadap pelayanan, inovasi terbaru agar tampil fresh di hadapan konsumen, dan meningkatkan pelayanan agar konsumen tidak memilih pesaing lain.
Tidak tersedia versi lain