Text
PENGARUH STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN PETANI DURIAN DI DESA PEGANTENAN KECAMATAN PEGANTENAN KABUPATEN PAMEKASAN
ABTRAK
Fatimztuz Zuhro, 2019 “Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Pendapatan Petani Durian di Desa Pegantenan Kecamatab Pegantenan Kabupaten Pamekasan”. Skripsi, Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Istitut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura, Pembimbing: H. Wadhan, M. Si
Kata kunci:Strategi Pemasaran, Pendapatan Petani Durian
Desa Pegantenan merupakan salah satu yang ada di Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan yang membudidayakan buah durian sebagai salah satu sumber pendapatan petani, walaupun buah durian berbuah satu tahun satu kali, namun produktivitasnya cukup tinggi yakni 0,50 ton membuat usaha tani di Desa Pegantenan Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan memiliki potensi kedepannya untuk meningkatkan pendapatan petani dan permintaan pasar. Maka dari itu petani durian merancang strategi pemasaran yang di rumuskan dengan produk, harga, promosi dan distribusi/ tempat untuk meningkatkan pendapatan peatni durian agar konsumen tetap menjadi pelanggan yang setia.
Tujuan pokok dalam penelitian ini yaitu: Pertama, untuk mengetahui adakah pengaruh strategi pemasaran terhadap pendapatan petani durian di Desa Pegantenan Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan. Kedua, untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh strategi pemasaran terhadap pendapatan petani durian di Desa Pegantenan Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan tehnik analisisi regresi linear sederhana, dan alat bantuan analisis SPSS versi 20. Jenis data adalah data primer. Respondennya sejumlah 50 petani durian di Desa Pegantenan Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan. Instrumen yang di gunakan dalam pengumpulan data adalah kuesioner (angket). Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana, uji persial (Uji T), dan uji determinasi (Uji R2). Selain itu dilakukan uji kualitas data meliputi uji validitas dan uji reliabilitas. Juga dilakukan uji asumsi klasik meliputi uji autokorelasi, uji heteroskidastisitas, dan uji normalitas.
Dari hasil analisis menemukan persamaan regresi linier sederhana adalah Y = 1,423 + 0,594X. Adapun hasil analisis secara persial (Uji T) menunjukan bahwa stratgi pemasaran berpengaruh signifikan terhadap peningkatan pendapatan dengan nilai signifikan sebesar 0,000 dan mempunyai nilai determinasi sebesar 0,657 atau 65,7% sedangkan sisanya 34,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
Tidak tersedia versi lain