Text
KREATIVITAS GURU DALAM MENGELOLA LINGKUNGAN BELAJAR DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PAMEKASAN
ABSTRAK
Anna Ferdana, 2019. Kreativitas Guru Dalam Mengelola Lingkungan Belajar Di SMA Muhammadiyah 1 Pamekasan, yang disusun oleh Anna Ferdana. Skripsi, Fakultas Tarbiyah, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Dosen Pembimbing: Dr. Siswanto, M. Pd.I.
Kata Kunci: Kreativitas Guru, Pengelolaan Lingkungan Belajar
Penelitian ini dilatarbelakangi, karena tenaga pendidik di SMA Muhammadiyah 1 Pamekasan melakukan upaya-upaya untuk menciptakan lingkungan belajar yang efektif dengan melakukan pengelolaan lingkungan belajar di kelas yang meliputi pengaturan tempat duduk, dengan mempertimbangkan aspek kemudahan bagi anak didik untuk terlibat dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Pengaturan ruang kelas menjadi ruang sumber yang mendukung para siswa untuk membaca menjajaki dan meneliti, misalnya dipasangi gambar-gambar, alat-alat laboratorium, perpustakaan mini dan alat-alat yang memungkinkan siswa dapat melakukan kegiatan konstruktif.
Fokus dalam penelitian ini yaitu: a) Bagaimanakah strategi guru dalam mengelola lingkungan belajar di SMA Muhammadiyah 1 Pamekasan, b) Bagaimana bentuk kreativitas guru dalam mengelola lingkungan belajar di SMA Muhammadiyah 1 Pamekasan, c) Bagaimana faktor penghambat kreativitas guru dalam mengelola lingkungan belajar di SMA Muhammadiyah 1 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologis. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan informannya adalah kepala sekolah, pendidik dan Siwa di SMA Muhammadiyah 1 Pamekasan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, uraian rinci, Triangulasi dan Auditing.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a. strategi guru dalam mengelola lingkungan belajar di SMA Muhammadiyah 1 Pamekasan, yaitu 1) Guru melakukan pengaturan kondisi dan suasana, 2) Guru melakukan pengaturan posisi tempat duduk siswa yang berfariasi, 3) Guru melakukan pengaturan alat-alat pengajaran, 4) Guru melakukan pengelolaan pembelajaran. b. bentuk kreativitas guru dalam mengelola lingkungan belajar di SMA Muhammadiyah 1 Pamekasan yaitu, 1) Guru kreatif dalam mengelola kegiatan pembelajaran, 2) Guru menggunakan metode dan media yag variatif, 3) Guru kreatif menerapkan sikap disiplin atau pembiasaan di kelas, 4) Guru mengatur tempat duduk yang variatif dan mendesain kegiatan belajar di dalam dan diluar kelas, 5) Menyediakan fasilitas belajar., c. Faktor penghambat kreativitas guru dalam mengelola lingkungan belajar di SMA Muhammadiyah 1 Pamekasan. Guru dan siswa kurang disiplin masuk kelas, b) Kurang adanya koordinasi antara guru dan siswa dalam merawat dan menjaga lingkungan belajar, c) Minimnya sarana dan fasilitas sekolah dalam mengembangkan keterampilan dan bakat siswa.
Tidak tersedia versi lain